Songsong Hari Pers Nasional 2024, Pelajar di Paser Diberi Pelatihan Jurnalistik

Songsong Hari Pers Nasional 2024, Pelajar di Paser Diberi Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan Jurnalistik kepada pelajar di Kabupaten Paser. (Awal/Disway)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Menyongsong Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2024 mendatang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Paser menggelar pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini menyasar pelajar SMA/SMK sederajat.

Puluhan pelajar didampingi guru pendamping terlihat antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan dalam pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni 2-3 Februari di Kyriad Sadurengas Hotel, Kecamatan Tanah Grogot.

Pelatihan jurnalistik dibuka Bupati Paser, Fahmi melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Kabupaten Paser, Abdul Kadir Sambolangi lebih dulu mengucapkan selamat HPN ke 29 tahun 2024.

Dirinya menuturkan kegiatan yang melibatkan wartawan di manapun belahan bumi, selalu menjadi hal yang istimewa. Ini karena profesi wartawan, adalah satu dari sedikit yang memberikan pencerahan, membuka mata dunia, memperpendek jarak, ruang dan waktu, serta membuat segalanya menjadi mudah.

Wartawan, yang dulu populer dengan nama kuli tinta, lalu berubah jadi kuli disket, kuli handphone, dan sekarang jadi kuli smartphone. Kerjanya berkeliaran di jalan, berkejaran dengan perjalanan matahari, menantang derasnya hujan dan badai, tapi produknya tak kalah dengan direktur.

Dikatakan Kadir, pelatihan jurnalistik oleh wartawan sebagai panitia pelaksana kegiatan merupakan salah satu implementasi dari tujuan nasional, dimana oleh para pelajar yang hadir sebagai peserta dapat menyerap setiap ilmu baru yang disampaikan.

"Apa yang dilakukan ini dengan adanya pelatihan jurnalistik guna mencetak SDM yang bersaing untuk Indonesia Emas 2045. Bagaimana mempersiapkan generasi untuk menjadi pemain, dan bukan penonton, di Ibukota Nusantara," kata Abdul Kadir Sambolangi, Jumat (2/1/2024).

Dirinya mengharapkan para peserta pelatihan dapat menyerap setiap materi yang disampaikan. Rugi jika datang dan menghabiskan waktu, menguras energi dan pikiran, lalu tidak ada sesuatu yang dibawa pulang untuk bekal masa depan.

"Paser ke depan akan menjadi milik saudara sekalian (pelajar). Kami tentu akan sangat riang gembira, rela dan ikhlas menyerahkan tongkat estafet kepada generasi yang siap membangun Paser. Mari, kita wujudkan visi Paser MAS, yaitu masyarakat yang Maju Adil dan Sejahtera," jelas Kadir.

Di tempat yang sama, Sekretaris PWI Kabupaten Paser, Anas Abdul Kadir mengaku bersyukur kegiatan pelatihan jurnalistik dalam menyongsong HPN 2024 berjalan lancar. Ia mengharapkan materi yang disampaikan mengenai dunia pers dapat diserap ilmunya.

"Mudah-mudahan materi-materi yang sampaikan ilmunya dapat dimanfaatkan," ucap Anas Abdul Kadir, didampingi Ketua Panitia Pelaksana HPN ke-XXIX Kabupaten Paser, Dwi Cahyo Margo Utomo.

Dirinya menuturkan kegiatan pelatihan jurnalistik dapat terlaksana berkat dukungan dari pelajar atau pihak sekolah yang semangat untuk ikut serta. Kemudian dukungan dari stakeholder dan mitra kerja media.

"Alhamdulillah banyak peserta yang mendaftar dari sekolah yang ada di Kabupaten Paser. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus terlaksana secara kontinyu," harap Anas.

Adapun materi yang dipaparkan dalam pelatihan jurnalistik mencakup kode etik jurnalistik, pemahaman pers di era society 5.0, perbedaan media, sosial media, berita dan opini, kemudian antisipasi berita hoaks dan bijak menggunakan sosmed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: