Anggota Panwascam Balikpapan Utara Dipecat, Terbukti Terlibat Membantu Caleg Partai Politik

Anggota Panwascam Balikpapan Utara Dipecat, Terbukti Terlibat Membantu Caleg Partai Politik

Komisioner Bawaslu Kota Balikpapan, Ahmadi (Disway-Adhi)--

BALIKPAPAN, NOMORSARUKALTIM –  Seorang oknum anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Balikpapan Utara,  berinisial M dicopot dari jabatannya karena terbukti terlibat dalam kegiatan politik.

Oknum Panwascam itu, terbukti berafiliasi dengan beberapa peserta Pemilu, membantu caleg bahkan mendapatkan finansial dari beberapa partai politik.

Komisioner Bawaslu Kota Balikpapan, Ahmadi Aziz menjelaskan, pihaknya menerima laporan terkait ketidaknetralan salah satu anggota Panwascam itu. 

Laporan yang masuk menyampaikan ada oknum Panwascam berafiliasi dengan beberapa peserta Pemilu.

Oknum membantu caleg dan menerima finansial dari beberapa partai politik.

Setelah dilakukan pemeriksaan dengan  bukti yang cukup untuk menguatkan prosesnya, pelanggaran yang dilakukan oleh yang bersangkutan dikategorikan sebagai pelanggaran berat.

"Untuk sidangnya sudah dilaksanakan sekitar 2 minggu yang lalu, pada 11 Januari 2024," kata Ahmadi, Kamis (24/1/2024).

"Prosesnya setelah kami dapat informasi, sekitar 3 hari dan ditambah lagi 7 hari untuk menguatkan bukti dengan modal beberapa saksi termasuk juga saksi dari partai politik," sambungnya.

Lebih lanjut Ahmadi sampaikan, setelah melakukan proses kode etik atas apa yang dilakukan oleh oknum panwascam Balikpapan Utara. Bawaslu Balikpapan kemudian melakukan proses seleksi kembali, dengan memeriksa ulang daftar calon Panwaslu yang telah mendaftar sebelumnya.

"Ada 6 orang yang kami lakukan proses seleksi, mulai dari sesi wawancara dan lain-lain, maka terpilihlah seseorang untuk dilantik dalam proses PAW ini yaitu Diana Novianti," terangnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sengaja melakukan pelantikan sesegera mungkin karena saat ini sudah mendekati tahapan yang sudah krusial dan memerlukan pengawasan tahapan yang harus dilaksanakan sehingga masalah kekurangan personil segera dapat diselesaikan.

"Anggota Panwascam yang akan dilantik ini sudah berpengalaman sebagai pengawas di TPS, dan ketika di wawancara yang bersangkutan ini juga sudah lolos sebagai anggota KPPS, yang akan dilantik tanggal 25 besok. Namun setelah di konfirmasi yang bersangkutan bersedia untuk dipilih," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: