Jangan Lupa!!! Malam ini KPU Gelar Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024

Jangan Lupa!!! Malam ini KPU Gelar Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres pertama.-(Antara)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI malam ini, Minggu (21/1/2024), bakal menggelar debat jilid keempat untuk Pemilu 2024.

Tiga calon wakil presiden (cawapres) bakal diadu tangkas berargumen di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, mulai pukul 20.00 Wita.

Debat untuk cawapres yang kedua kalinya itu mengangkat tema energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Pertanyaan terkait topik tersebut disusun oleh 11 orang panelis. Sedangkan moderator debat adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. 

BACA JUGA: Mahfud MD Bongkar Fenomena Pejabat Korup 'Tersandera' Oknum APH

Komisioner KPU RI, August Melazz mengatakan, Cawapres Muhaimin Iskandar akan menjadi peserta pertama yang akan memaparkan visi dan misi saat debat keempat tersebut. 

Muhaimin akan ditempatkan di posisi tengah, antara Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

"Nanti, di debat keempat, urutan untuk penyampaian visi dan misi akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 1; sedangkan untuk posisi, nanti kalau tidak salah itu, pasangan calon nomor urut 1 di tengah. Itu sudah diatur," kata Mellaz di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Masing-masing pendamping atau liaison officer (LO) pasangan calon presiden dan wakil presiden akan dibekali protofon atau handy talkie (HT) pada debat keempat.

Penggunaan HT itu untuk mempermudah komunikasi dalam mengawasi jalannya debat.

BACA JUGA: Prabowo: Akan Saya Bangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan

HT akan dipegang oleh "super LO" yang memiliki akses penuh, tim KPU RI, hingga media penyelenggara. 

Sementara itu, terkait format debat, KPU tidak mengubah dari debat sebelumnya.

Sehingga, segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja; kemudian, segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: