Desa Bhuana Jaya, Kukar Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Desa Tingkat Nasional

Desa Bhuana Jaya, Kukar Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Desa Tingkat Nasional

Awak media Nomorsatukaltim mencoba mengakses situs resmi Desa Bhuana Jaya, Kutai Kartanegara yang mendapat penghargaan keterbukaan informasi tingkat nasional.-(Nomorsatukaltim/Hariadi)-

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur berhasil meraih penghargaan tingkat nasional.

Desa Bhuana Jaya berhasil menyisihkan ratusan desa dari 26 provinsi di Tanah Air, dalam Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa tingkat nasional tahun 2023.

"Dari 116 desa se-Indonesia yang mewakili 26 provinsi, Desa Bhuana Jaya menonjol dalam implementasi UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim, Anwar Sanusi, Rabu (20/12/2023).

Menurut Anwar, Desa Bhuana Jaya mewakili Provinsi Kaltim dalam ajang tersebut. 

"Alhamdulillah kinerja Desa Bhuana Jaya patut diapresiasi dalam implementasi UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," ujarnya.

Anwar Sanusi mewakili Provinsi Kaltim menerima penghargaan nasional tersebut dalam acara penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Desa 2023, yang berlangsung di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (19/12).

Anwar menjelaskan Desa Bhuana Jaya menjadi satu dari empat desa di Indonesia yang masuk 10 besar nasional dalam kategori anugerah keterbukaan informasi publik desa. Desa ini berhasil menempati peringkat 4 di wilayah Indonesia bagian tengah.

 

Keunggulan Desa Bhuana Jaya

Anwar mengatakan dalam mendukung keterbukaan publik, Desa Bhuana Jaya aktif memanfaatkan website desa, pesan jejaring WhatsApp (WA) dan laman Facebook (FB). 

Informasi terkait gotong royong, sumbangan, atau kegiatan desa diakses dengan mudah oleh warganya.

Pemerintah Desa Bhuana Jaya juga memanfaatkan nomor kontak seluruh warganya untuk menyampaikan pengumuman melalui pesan jejaring WA. 

Hal ini mempermudah masyarakat dalam mengetahui informasi pembangunan infrastruktur, termasuk asal anggaran dan pelaksanaan proyek.

"Jadi masyarakat dapat informasi melalui satu pintu di Desa Bhuana Jaya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: