Kapan Waktu Olahraga Terbaik untuk Turunkan Berat Badan?

Kapan Waktu Olahraga Terbaik untuk Turunkan Berat Badan?

Waktu Olahraga Terbaik untuk Turunkan Berat Badan-(ist)-

NOMORSATUKALTIM - Seseorang disarankan berolahraga di pagi hari jika ingin menurunkan berat badan. Hasil riset di jurnal Obesity menyebutkan, aktivitas fisik intensitas sedang sampai tinggi yang dilakukan antara pukul 7-9 pagi merupakan waktu paling ideal bagi orang yang sedang menjalani diet.

 

Para peneliti di Franklin Pierce University, New Hampshire menemukan, korelasi antara berolahraga dan penurunan berat badan paling kuat terjadi di pagi hari dibandingkan siang atau malam hari.

 

Asisten profesor Departemen Ilmu Kesehatan Franklin Pierce University, Dr. Tongyu Ma mengatakan, temuan tim-nya mengindikasikan bahwa pola aktivitas fisik sedang hingga tinggi sepanjang hari dapat menjadi dimensi penting lain untuk menggambarkan kompleksitas gerak tubuh manusia.

 

“Studi kami memberikan alat baru untuk mengeksplorasi pola aktivitas fisik diurnal dan menyelidiki dampaknya terhadap hasil kesehatan.” paparnya.

 

Riset ini melibatkan 5.285 partisipan dengan menggunakan data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional tahun 2003-2004 dan 2005-2006 yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

 

Pola aktivitas fisik peserta dikategorikan menjadi 3 waktu, yaitu pagi, siang, dan sore.

 

Para partisipan juga melaporkan pola makan mereka. Kelompok yang berolahraga di pagi hari cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat dan asupan kalori per unit berat badan yang lebih sedikit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: