Bambang Arwanto: Perlu Didorong Partisipasi Perempuan Kukar dalam Pembangunan IKN

Bambang Arwanto: Perlu Didorong Partisipasi Perempuan Kukar dalam Pembangunan IKN

Bambang Arwanto.-(istimewa)-dp3a kukar--

Kukar, NOMORSATUKALTIM - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang direncanakan akan dibangun di Kalimantan Timur. 

Untuk mendukung pembangunan IKN, perempuan di Kukar harus diberdayakan dalam berbagai sektor, seperti politik, ekonomi, dan sosial.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar Bambang Arwanto, Rabu (29/11/2023).

“Perempuan itu faktor penting dalam kehidupan, IKN ini narasi yang cantik dan hangat,” ucap Bambang.

Bambang menjelaskan bahwa saat ini angka keterwakilan perempuan di politik Kukar masih di bawah standar, yaitu 20 persen. Sementara Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 mengharuskan minimal 30 persen.

“Masih di bawah mandatory atau perintahnya yakni 30 persen, kita perlu meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik,” ungkapnya.

Bambang juga menyoroti pentingnya pemberdayaan ekonomi perempuan, agar mereka dapat mandiri dan memenuhi kebutuhan rumah tangganya. 

Dia mengatakan bahwa DP3A Kukar telah melakukan berbagai program untuk meningkatkan keterampilan, modal usaha, dan pemasaran produk perempuan.

“Terutama diberdayaan dalam aspek ekonomi, mereka harus mandiri, karena dengan kemandirian itu artinya kebutuhan rumah tangga dapat dipenuhi,” katanya.

Bambang mengharapkan perempuan di Kukar dapat berkontribusi secara aktif dan kreatif dalam pembangunan daerahnya, khususnya dalam mendukung IKN.

“Kalau di Kukar jumlah perempuan sama dengan laki-laki, jadi penting bagaimana menggalang keikutsertaan penduduk perempuan dalam pembangunan. Karena kita tahu perempuan sebagai sumber daya, juga punya jumlah yang sangat besar,” tutupnya. (*/adv/dp3akukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: