Event Kaltim Paradise of The East 2023 Catat Nilai Transaksi Hingga Rp 2,9 Miliar

Event Kaltim Paradise of The East 2023 Catat Nilai Transaksi Hingga Rp 2,9 Miliar

Kegiatan Fashion Show Batik Lokal dalam event Kaltim Paradise of The East 2023. -Bank Indonesia Pwk Kaltim-

Samarinda, nomorsatukaltim – Program Kaltim Paradise of The East 2023 yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Kaltim resmi berakhir. Tercatat total transaksi melalui kegiatan ini mencapai Rp 2,9 miliar.

“Kami berterima kasih atas segala dukungan dari selurupihak yang terlibat membantu pelaksanaan Kaltim Paradise of The East 2023,” ucap Deputi Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Hendik Sudaryanto melalui siaran persnya, Senin (23/10/2023).

Hendik pun menyebut total peserta dan pengunjung yang terlibat di kegiatan ini mencapai 125.000 orang. Sementara total transaksi baik dari penjualan, business matching dan pembiayaan perbankan tercatat sebesar Rp 2,9 miliar.

Ia juga menyampaikan bahwa telah banyak program yang dilaksanakan selama pelaksanaan event ini. Di antaranya fashion show motif batik IKN karya 13 pembatik se-Kaltim. Dimana sebelumnya mereka telah diberikan coaching oleh pegiat batik nasional. Termasuk pula memperkenalkan produk UMKM dari 10 kabupaten/kota.

“Dalam pelaksanaan Kaltim Paradise of The East juga di launching tiga program unggulan,” sebut Hendik.

Ketiganya yaitu gerakan akselerasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada UMKM. Ini dalam rangka mendorong penguatan kelembagaan UMKM. Kemudina peluncuran batik motif IKN sebagai karya kreatif pengrajin Kaltim.

Dan terakhir gerakan bangga produk lokal UMKM dan wastra Kaltim. Salah satu bentuk nyatanya adalah penandatanganan komitmen bersama antara Pemprov dan pemerintah kabupaten/kota dalam penggunaan produk lokal.  

“Kami berharap program ini dapat memberdayakan UMKM lokal serta meningkatkan awareness masyarakat terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI),serta Geraka Bangga Berwisata Indonesia (GBWI),” pungkas Hendik.

Terpisah Sekretaris Provinsi Kaltim Sri Wahyuni turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia pun berharap Kaltim Paradise of The East dapat masuk menjadi calender of event Kaltim. Dan juga mengembangkan UMKM di Kaltim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: