Janji Puan Maharani setelah Terpilih sebagai Ketua DPR RI untuk Kali Kedua

Janji Puan Maharani setelah Terpilih sebagai Ketua DPR RI untuk Kali Kedua

Puan Maharani (tengah) kembali terpilih sebagai Ketua DPR RI untuk periode 2024-2029.-(Foto/Dok.DPR RI)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM — Puan Maharani kembali terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk periode 2024-2029. 

Dalam pidato usai penetapan tersebut, Puan berjanji menjaga kepercayaan publik dengan membuka ruang selebar-lebarnya serapan aspirasi rakyat selama 5 tahun ke depan.

"DPR akan membuka ruang pintu aspirasi rakyat selebar-lebarnya dan menampung aspirasi rakyat itu untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR," kata Puan dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). 

Dia menyatakan bahwa aspirasi yang diterima DPR akan diteruskan ke komisi terkait dan alat kelengkapan dewan (AKD) agar dapat ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku.

BACA JUGA: DPMD PPU Evaluasi Pelaksanaan dan Penyaluran Dana Desa

BACA JUGA: Inspektorat Kemendagri Evaluasi Kinerja Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik

Puan juga optimistis bahwa DPR RI periode 2024-2029 akan memiliki komisi-komisi yang lebih mampu menampung aspirasi rakyat yang belum terakomodasi di periode sebelumnya. 

Ia juga merespon wacana penambahan jumlah komisi di DPR, yang kemungkinan besar akan menyesuaikan dengan penambahan kementerian di pemerintahan mendatang. 

"Nanti ke depannya akan ada komisi-komisi yang bisa menampung aspirasi rakyat yang kemarin belum tertampung," tambahnya.

Sementara itu, Sufmi Dasco Ahmad yang juga Kembali terpilih sebagai salah satu Wakil Ketua DPR menyebutkan bahwa ada 3 prioritas yang akan menjadi fokus kerjanya bersama pimpinan DPR ke depan. 

BACA JUGA: Berikut Daftar Anggota DPR dan DPD RI Dapil Kaltim yang Dilantik di Senayan Hari Ini

BACA JUGA: Lepas Kontingen Menuju Perpanas XVII Solo, Pj Gubernur Janjikan Bonus

Yang pertama, melunasi utang-utang kepada rakyat terkait program-program yang belum selesai. 

Kedua, Dasco berkomitmen untuk meningkatkan kinerja DPR agar lebih baik dari periode sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: