Target jadi Daerah Penunjang Kebutuhan Pangan IKN, Berau Cegah Alih Fungsi Lahan

Target jadi Daerah Penunjang Kebutuhan Pangan IKN, Berau Cegah Alih Fungsi Lahan

Bupati Berau, Sri Juniarsih mas-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, meminta para petani agar bisa memanfaatkan lahan produktif mereka dengan maksimal.

Yang mana, lahan pertanian yang ada merupakan aset penting untuk pemenuhan pangan daerah, dan Berau memiliki target untuk menjadi penunjang kebutuhan pangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Oleh karena itu, Sri Juniarsih mengimbau agar tidak ada lagi alih fungsi lahan, mengingat Pemkab Berau saat ini sedang memperkuat ketahanan pangan di wilayahnya, yang akan menjadi salah satu kota penyangga IKN.

"Ketertarikan masyarakat terhadap sektor perkebunan, terutama kelapa sawit menjadi salah satu penyebab terjadinya alih fungsi lahan," ungkap Bupati Sri Juniarsih, Rabu (11/9/2024).

BACA JUGA : Kobaran Api Muncul di Tengah Permukiman Kelurahan Gunung Samarinda, 6 Unit Kendaraan Pemadam Dikerahkan

Ia menegaskan bahwa alih fungsi lahan pertanian harus dihentikan untuk menjaga keberlanjutan sektor pertanian.

“Kalau bisa, lahan sawah tetap digunakan untuk sawah karena kita juga membutuhkan kontribusi para petani dalam menjaga ketahanan pangan,” katanya kepada Nomorsatukaltim.

Untuk mendukung pertanian dan mencegah alih fungsi lahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus berusaha memenuhi semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan para petani.

“Setiap tahun, kami terus menyalurkan bantuan peralatan pertanian, pupuk, bibit, dan lainnya dengan harapan agar produktivitas sektor pertanian ini meningkat,” bebernya.

BACA JUGA : Alokasi APBN ke Berau Masih Didominasi Belanja Transfer dengan Nilai Rp3,5 Triliun

 

 

Menurutnya, pembangunan IKN akan membutuhkan ketahanan pangan yang memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: