Kepala BPIP Itu Orang Balikpapan

Kepala BPIP Itu Orang Balikpapan

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi.-istimewa-

Tapi sepertinya dia anak cerdas. Langkah pendidikan yang diikutinya sangat lancar. Dia memperoleh gelar sarjana muda, sarjana penuh sampai S2 di Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga.

Pada saat yang sama dia juga meraih gelar sarjana muda di Fakultas Filsafat UGM.

Ia meraih gelar doktor setelah menamatkan pendidikan S3 di MCGill University, Montreal, Kanada tahun 2002.

Menjadi Rektor UIN Sunan Kalijaga sejak 2016. Selain juga menjadi Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum pada universitas yang sama.

BACA JUGA : Isran Itu Disukai Wartawan

Banyak hal yang dia kerjakan. Di antaranya mendirikan Yayasan Nawesea serta tarikat Sunan Anbia. Sebagai akademisi, ia aktif mengajar dan membuat karya ilmiah.

Bahkan dikenal sebagai penerjemah andal buku-buku Islam Kontemporer berbahasa Inggris, Arab hingga Prancis.

 


Prof Yudian ketika dilantik Presiden Jokowi di Istana Jakarta, 5 Februari 2020.-istimewa-

 

Mengutip wawancara Harian Republika, 6 April 2009, Yudian disebut memecahkan rekor sebagai dosen pertama dari Perguruan Tinggi Agama Islam yang berhasil menembus Harvard Law School di Amerika Serikat pada 2002-2004.

Ia juga berhasil menjadi profesor dan tergabung dalam American Association of University Professors periode 2005-2006 serta dipercaya mengajar di Comparative Department, Tufts University, AS.

BACA JUGA : Dukungan Putri Muslimah Buat Isran Noor

Tak ada yang meragukan kualitas pendidikan dan perjalanan karier Prof Yudian. Tapi uniknya orang Balikpapan yang satu ini suka membuat yang aneh-aneh.

Sudah beberapa minggu ini dia tinggal di IKN mengawal Paskibraka. Mudah-mudahan hawa sejuk IKN membuat dia lebih sejuk dalam bersikap dan berucap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bpip