Ratusan Personel Polda Kaltim Berlatih Intensif Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Ratusan Personel Polda Kaltim Berlatih Intensif Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Ratusan personel Polda Kaltim saat menjalani sesi latihan untuk persiapan HUT RI ke-79 di IKN, Selasa (30/7/2024). (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Sejumlah personel Polda Kaltim dari berbagai satuan melaksanakan latihan khusus di Mako Satbrimob Polda Kaltim yang telah berlangsung selama kurang lebih dua bulan ini.

Latihan ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka sebagai pasukan upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Sebanyak 100 personel yang telah terpilih melalui proses seleksi ketat akan bertugas dalam upacara tersebut.

Pasukan ini terdiri dari dua pleton putra, satu pleton polwan, dan satu pleton untuk upacara renungan suci.

Menurut Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Andy Rifai, personel ini menjalani latihan intensif yang meliputi pembinaan fisik, mental, dan daya tahan tubuh. 

"Latihan ini penting mengingat upacara akan dilaksanakan pada siang hari di bawah terik matahari. Kami ingin memastikan bahwa pasukan siap menghadapi segala tantangan," ujar Kombes Pol Andy Rifai, pada Selasa (30/7/2024).

BACA JUGA : Perdana Ngantor di IKN, Jokowi Beri Nama 'Istana Garuda' untuk Kantor Presiden yang Baru

Ia mengatakan bahwa latihan dimulai setiap hari Senin hingga Jumat, dari pukul 09.00 Wita hingga 13.00 Wita, selama tiga minggu terakhir.

Kombes Andy menambahkan bahwa persiapan berjalan dengan baik dan optimis bahwa pasukan akan dapat menjalankan tugas mereka dengan efektif pada upacara 17 Agustus mendatang.

"Ini adalah kesempatan prestisius bagi mereka, karena akan menjadi pasukan pertama yang mengawal upacara proklamasi kemerdekaan di IKN," jelasnya.

Latihan ini juga mencakup simulasi upacara untuk memastikan kesiapan dalam situasi nyata.

Kombes Andy pun menekankan pentingnya dedikasi dan kriteria seleksi yang ketat dalam memilih personel untuk tugas ini.

BACA JUGA : Uji Coba Taksi Terbang IKN Berjalan Mulus, Mengudara 10 Menit di Bandara APT Pranoto

Disisi lain, saat ditemui seusai latihan, salah seorang personel Polda Kaltim, yakni Bripda Ega Sofia mengaku sangat bangga dan semangat untuk berlatih keras dengan mempersiapkan diri untuk upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: