Tol Balikpapan-IKN Sudah 90 Persen, Hasil Uji Coba Pangkas Waktu Perjalanan 1,5 Jam

Tol Balikpapan-IKN Sudah 90 Persen, Hasil Uji Coba Pangkas Waktu Perjalanan 1,5 Jam

Proyek jalan tol dari Kota Balikpapan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).-(Foto/Dok. Waskita Karya)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Proyek pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia, telah mencapai tahap akhir. 

Pengerjaan jalan bebas hambatan (tol) Balikpapan-IKN ini telah mencapai 90 persen dan diharapkan dapat difungsikan sebelum Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada 17 Agustus 2024. 

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara, Danis Hidayat Sumadilaga, di Penajam pada hari Sabtu, 20 Juli 2024.

BACA JUGA: Faisal Tegaskan Tidak Ada Sentralisasi Publikasi di Diskominfo Kaltim

Kemajuan signifikan ini terlihat pada pengerjaan tol Balikpapan-IKN sesi 3A, 3B, dan 5A yang masing-masing sudah mencapai rata-rata 90 persen. 

“Kemajuan pengerjaan tol itu rata-rata sudah 90 persen, awal yang difungsikan satu jalur dengan masing-masing tiga lajur dan dua lajur digunakan menuju Kota Nusantara,” kata Danis, dilansir Antara. 

Jalan tol ini diharapkan dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan darat dari 2,5 jam menjadi hanya 1 jam. 

Menurutnya, uji coba telah dilakukan dan menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan penghematan waktu hingga 1,5 jam.

BACA JUGA: IKN Dorong Pertumbuhan Permintaan Rumah di Balikpapan dan Samarinda hingga 69 Persen

Diketahui, pembangunan Jalan Tol IKN saat ini berjalan pada tiga seksi, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km. 

Setelah ketiga seksi ini selesai, proyek akan dilanjutkan dengan pembangunan segmen 5B, 6A, dan 6B. Total nantinya akan tersedia 4 hingga 6 lajur yang dapat memangkas waktu perjalanan menjadi sekitar 45 menit.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sangat optimis bahwa jalan tol ini akan dapat digunakan sebelum 17 Agustus 2024. 

BACA JUGA: Kejar Progres IKN, Jokowi Obral HGU hingga 190 Tahun untuk Investor

Dengan tersedianya jalan tol ini, diharapkan perjalanan menuju IKN akan semakin lancar dan efisien, mendukung percepatan pembangunan ibu kota negara baru tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: