Operasi Patuh Mahakam 2024, Satlantas Polres Paser Buru Pelanggar Melalui Patroli

Operasi Patuh Mahakam 2024, Satlantas Polres Paser Buru Pelanggar Melalui Patroli

PELANGGARAN: Pengendara tanpa helm terpantau melintas di Jalan Kandilo Bahari, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim.-(Disway Kaltim/ Awal)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Operasi patuh mahakam 2024 mulai dilaksanakan di Kabupaten Paser hingga dua pekan ke depan, tepatnya sejak 15 hingga 29 Juli 2024.

Operasi ini menindak 9 jenis pelanggaran. Mulai berkendara sambil memainkan ponsel, pengendara di bawah umur, bonceng tiga, tak memakai helm SNI, pengemudi mobil tak pasang sabuk pengaman.

Sasaran berikutnya berkendara dalam keadaan mabuk, melawan arus, dan melaju dengan kecepatan tinggi, serta penggunaan knalpot brong.

BACA JUGA: Sasar 10 Jenis Pelanggaran, Polresta Balikpapan Andalkan ETLE di Operasi Patuh Mahakam 2024

"Operasi Patuh Mahakam ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan disiplin dalam berkendara," kata Kasatlantas Polres Paser, AKP Toni Joko Purnomo, Senin (15/7/2024).

Dalam Operasi Patuh Mahakam 2024 ini, personel kepolisian tidak melakukan razia di tempat tertentu, namun petugas hanya melakukan patroli karena dinilai lebih efektif. Selain itu, petugas memanfaatkan penggunaan ETLe yang telah aktif di Kabupaten Paser.

BACA JUGA: Operasi Patuh 2024 Dimulai, Delapan Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Jadi Perhatian

"Pelanggaran bakal ditindak oleh petugas Satlantas di lapangan saat melakukan Patroli," jelasnya.

Pelaksanaan operasi patuh ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas yang akan berdampak pada menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

"Kami harap masyarakat di Paser dapat menginformasikan dan mengimbau sanak keluarganya dalam berkendara agar patuh dalam berlalulintas," terang Joko.

BACA JUGA: iPhone XR Cuma Rp300 Ribu, Kejari Paser Jual Puluhan Gawai Rampasan

Sekadar diketahui, pada giat serupa 2022 lalu, petugas keamanan berhasil menjaring 111 pelanggaran. Pada 2023 terdapat 165 pelanggaran berlalulintas. 

Melalui Operasi Patuh Mahakam 2024, diharapkan dapat menekan angka kecelakaan  lalu lintas di Kabupaten Paser.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: