Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Balikpapan Tekan Laju Inflasi Melalui Gerakan Pangan Murah

Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Balikpapan Tekan Laju Inflasi Melalui Gerakan Pangan Murah

Suasana Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan di halaman kantor DP3 Balikpapan, Selasa (25/6/2024). (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Rapat evaluasi Gerakan Pangan Murah yang digelar oleh Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Balikpapan, pada Selasa (25/6/2024), membahas mengenai hasil dan evaluasi untuk langkah mendatang.

Kepala DP3 Balikpapan, Sri Wahjuningsih, menjelaskan, rapat evaluasi ini untuk melihat hasil gerakan dan apa saja yang perlu dievaluasi.

Gerakan ini telah dilaksanakan di tiga lokasi, yakni Lapangan Merdeka depan SD Nasional KPS, Taman Tiga Generasi di halaman parkir Kantor Koperasi Korpri Beriman, dan Kantor DP3, yang diadakan setiap Selasa. 

"Gerakan Pangan Murah ini adalah upaya pemerintah untuk mendekatkan produsen pangan kepada masyarakat," ujar Sri Wahjuningsih, pada Selasa (25/6/2024).

BACA JUGA : Buka Kick off RPJMD 2024-2029, Sri Wahyuni: Kaltim Sebagai Penggerak Utama Ekonomi Kawasan Timur Indonesia

Ia juga menerangkan bahwa tujuan dari kegiatan Gerakan Pangan Murah ini, salah satunya adalah untuk menekan laju inflasi.

Adapun berbagai produsen pangan dihadirkan langsung, mulai dari petani dataran rendah hingga nelayan yang bermitra dengan UPTD-PPI Manggar.

Produk yang dijual pun beragam, meliputi sayuran, buah-buahan seperti pisang, pepaya, jambu kristal, salak, hingga ikan segar.

"Kami menghadirkan produsen langsung untuk menjual dengan harga murah, bukan untuk menyaingi pedagang pasar," jelas Sri.

BACA JUGA : Berulang Kali Mendekam di Penjara, Napi Balikpapan Putuskan Dalami Agama dan Minta Sarung

Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu di Taman Tiga Generasi dan hari Minggu di Taman Bekapai, dari pukul 7 hingga 9 pagi. 

Bulog pun turut hadir untuk menyediakan bahan pangan pokok seperti beras, gula, dan minyak dengan harga terjangkau.

Secara keseluruhan, lokasi di kantor DP3 dan Taman Bekapai mendapatkan respon positif dari masyarakat. 

"Di kantor kami setiap Selasa, produsen selalu dinantikan, begitu juga di Taman Bekapai setiap Minggu," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: