Dispan TPH Gelar Pelatihan Multimedia Tingkatkan Kemampuan Penyuluh

Dispan TPH Gelar Pelatihan Multimedia Tingkatkan Kemampuan Penyuluh

--



Samarinda, NOMORSATUKALTIM - Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura, melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Provinsi Kalimantan Timur, terus berkomitmen untuk memajukan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian di Bumi Etam.

Langkah ini diwujudkan melalui pelaksanaan Pelatihan Multimedia Tingkat Lanjut Bagi Aparatur, di mana sebanyak 60 peserta, terdiri dari penyuluh pertanian di Kabupaten/Kota serta tenaga fungsional Pemasyarakatan Organisasi Perangkat Daerah (POPT), turut serta.

Kepala UPTD BPPSDMP, Tri Ida Kartini, menjelaskan bahwa peserta pelatihan terdiri dari 50% tenaga penyuluh pertanian Kabupaten/Kota dan separuhnya merupakan tenaga fungsional POPT Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur.

“Sebanyak 30 orang aparatur dari penyuluh di kab/kota dan 30 org peserta lainnya merupakan petugas POPT lingkup Dispan TPH kaltim dengan kegiatan yang dilaksanakan selama 7 hari dan berlokasi di UPTD BPPSDMP Kaltim” terangnya.

Acara yang digelar sepekan ini pun resmi dimulai dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dispan TPH Kaltim Siti Farisyah Yana. Menurutnya, untuk meningkatkan kapasitas penyuluh dalam hal menyebarluaskan informasi pertanian, optimalisasi multimedia sangat dibutuhkan.

“SDM Pertanian harus rajin memgupgrade kapasitas dan keterampilan. Mahir bermultimedia erat kaitannya dengan modernisasi. Sehingga, dengan menguasai multimedia diharapkan SDM Pertanian mampu mengenalkan hingga menyebarluaskan informasi pertanian lebih luas lagi” ujar Yana.

Diketahui, 12 materi akan dilokakaryakam dengan menghadirkan sejumlah pemateri diantaranya dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, FISIP Unmul, BBPP Ketindan, dan Widyaiswara Dispan TPH Kaltim. (cpy/Adv/Diskominfo Kaltim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: