PPDB 2024 Jenjang SMA Dibuka, SMAN 16 Samarinda Siap Tampung 340 Siswa

PPDB 2024 Jenjang SMA Dibuka, SMAN 16 Samarinda Siap Tampung 340 Siswa

Vivi N Solihah, ketua panitia PPDB SMAN 16 Samarinda.-Salsa-Disway Kaltim

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 di SMAN 16 Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) telah dibuka sejak Senin, 10 hingga 14 Juni 2024.

Jalur pertama PPDB ini, di antaranya jalur RT Prioritas, Prestasi, Afirmasi, Perpindahan Orang Tua/Luar Kota, dan Anak Kandung Guru. Kemudian, akan diumumkan hasil seleksi pada 19 Juni 2024.

Ketua Panitia PPDB SMAN 16 Samarinda, Vivi N. Solihah menjelaskan, saat ini proses pendaftaran berjalan lancar tanpa kendala teknis yang berarti.

"Tahun sebelumnya, biasanya sistem down. Alhamdulillah tahun sekarang belum, dan semoga tidak terjadi. Sampai hari ini lancar, keluhan dari masyarakat juga kurang," jelas Vivi saat diwawancarai langsung.

Selanjutnya, Vivi menambahkan, waktu pelayanan pendaftaran dimulai pukul 08.00 hingga 13.00 Wita.

“Untuk verifikasi data pada 15.00 Wita, kalau hari terakhir mungkin bisa lebih lama," ujar Vivi.

Ia menyebut, jumlah pendaftar sudah cukup banyak. Meski ada beberapa yang masih harus melengkapi verifikasi dokumen seperti Kartu Keluarga (KK).

"Banyak yang tidak verifikasi KK ke sekolah, jadi kami tolak. Harus verifikasi dulu," ucapnya.

Vivi mengakui, terdapat masalah yang sering muncul. Di antaranya kartu keluarga yang tidak sesuai masa berlaku, belum mencapai satu tahun, dan yang terdaftar di luar daerah prioritas.

"Banyak yang datang ke sini tinggalnya dekat sekolah tapi KK-nya ikut ke daerah lain, bukan RT prioritas," ungkapnya.

Zona RT prioritas SMAN 16 Samarinda meliputi Sempaja Selatan (RT 1-33), Sempaja Barat (RT 1-12), Sempaja Timur (RT 1-8, 50, 52), Gunung Kelua (RT 27-31), dan Temindung Permai (RT 13, 15, 16).

Panitia PPDB SMAN 16 Samarinda, juga akan memberikan bantuan bagi pendaftar di luar daerah, terkait verifikasi dan pendaftaran.

"Kami bantu verifikasi dan semacamnya, dibantu di daftar, bukan dibantu masuk," tegas Vivi.

SMAN 16 Samarinda sendiri, memiliki kuota keseluruhan 340 siswa yang terbagi dalam 10 rombongan belajar (Rombel), masing-masing berisi 34 siswa. Hingga saat ini, tercatat 13 siswa dari zona prioritas dan 15 siswa dari jalur prestasi telah berhasil terverifikasi.

Vivi menekankan, di tahun ini sistem PPDB lebih stabil berkat perbaikan dari provider yang merespons evaluasi tahun sebelumnya.

"Hal-hal yang kami minta dari provider diturutkan semua dari evaluasi tahun kemarin. Saya berharap semua siswa yang mendaftar dapat diterima di sekolah negeri," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: