Dorong Ekonomi Daerah Melalui 'Halal Value Chain', BI Balikpapan Gelar Pekan Ekonomi Syariah Nusantara

Dorong Ekonomi Daerah Melalui 'Halal Value Chain', BI Balikpapan Gelar Pekan Ekonomi Syariah Nusantara

Pembukaan Pekan Ekonomi Syariah Nusantara yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan, pada Jumat (7/6/2024).-(Disway Kaltim/ Chandra)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui halal value chain, Bank Indonesia (BI) Balikpapan mengadakan Pekan Ekonomi Syariah Nusantara (PESAN) 2024.

Kegiatan dengan tema “Sinergi untuk Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Syariah Menyambut Ibu Kota Nusantara” ini, digelar mulai hari Jumat (7/6/2024). 

Acara yang merupakan rangkaian acara Road to Fesyar Kawasan Timur Indonesia ini diagendakan berlangsung selama dua hari, yakni pada 7-8 Juni 2024.

BACA JUGA: Gerbangtara Diharapkan Jadi Wadah Pemuda Beri Kontribusi Pembangunan IKN 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Robi Ariadi menekankan pentingnya kontribusi sektor keuangan syariah dalam mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi, dengan mengembangkan sektor-sektor unggulan dalam halal value chain.

Menurutnya, sektor-sektor yang menjadi prioritas pengembangan antara lain industri makanan halal, industri fashion muslim, dan wakaf produktif sebagai sumber pembiayaan alternatif.

"Oleh karena itu, Bank Indonesia Balikpapan bekerjasama dengan Pemkot Balikpapan, organisasi masyarakat, dan perbankan syariah untuk menyelenggarakan Pekan Ekonomi Syariah Nusantara guna mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Balikpapan," papar Robi dalam sambutannya.

BACA JUGA: Resmikan Restoran Arena Botanika, Presiden Harap Menteri Mau Segera Pindah

Pembukaan acara ini meliputi tiga agenda sekaligus, yakni peluncuran Halal Center ITK sebagai LP3H, penyerahan sertifikat halal kepada 60 UMKM hasil kerjasama BI Balikpapan dan Universitas Mulawarman, serta sertifikasi 100 juru sembelih halal yang dilatih bersama PC Nadhatul Ulama (NU) Balikpapan. 

“Ketiga hal tersebut merupakan langkah nyata dalam membentuk halal value chain di Kota Balikpapan,” ungkap Robi.

Selama dua hari ke depan, kegiatan ini meliputi serangkaian talkshow tentang sektor-sektor ekonomi halal, lomba dakwah dan hadrah rebana, serta fasilitasi pembiayaan melalui perbankan syariah yang hadir di acara tersebut.

BACA JUGA: Isu Perubahan Iklim dan Manajemen Air di Balikpapan Turut Jadi Pembahasan Dalam Rakernas Apeksi

Selain itu, menurut pantauan dari Nomorsatukaltim, di area acara juga terdapat showcase produk dari UMKM binaan Bank Indonesia Balikpapan yang telah bersertifikasi halal dan menjadi anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia.

Ke depan, lanjut Robi, Bank Indonesia akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, baik di pusat maupun daerah, untuk melaksanakan edukasi, sosialisasi, dan implementasi (pilot project) sebagai bagian dari strategi utama dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: