Disperindagkop Kaltim Gelar Harkonas 2024 Usung Tema 'Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi'

Disperindagkop Kaltim Gelar Harkonas 2024 Usung Tema 'Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi'

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik (pertama kanan) saat meninjau Gedung Galery UMKM. (yoyok/Diskominfo Kaltim) --



Samarinda, NOMORSATUKALTIM – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Timur mengelar Peluncuran Gallery UMKM dan Harkonas Fest Tahun 2024. Bertempat di Gedung Gallery UMKM Jl. Basuki Rahmat Samarinda, Minggu (26/05/2024).

Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk Fun Run, Pound Fit, Lomba Video, Bazar & UMKM, hingga Talkshow.

Kepala Disperindagkop UKM Kaltim, Heni Purwaningsih, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Festival Hari Konsumen Nasional ke-12 mengusung tema ”Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi”.

"Tema ini sangat relevan dengan semangat Hari Konsumen Nasional, menekankan pentingnya bagi konsumen untuk lebih sadar akan produk dan layanan yang mereka beli, serta kemampuan mereka untuk membuat keputusan yang tepat dan bijak dalam bertransaksi," ujar wanita berkacamata ini.

Adapun Tujuan dari festival ini, lanjutnya untuk melindungi hak-hak konsumen tanpa mencederai pelaku usaha sebagaimana diamanatkan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Selain itu, festival ini juga untuk mengukur kemampuan konsumen dalam melindungi hak-hak mereka, sementara pelaku usaha juga harus bertanggung jawab.

Namun, dengan keberadaan Galeri Etam Nusantara ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dan UKM untuk menghadirkan produk-produk berkualitas dan unggul. UKM Kalimantan Timur juga siap menyambut ibu kota negara.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Kaltim, Akmal Malik secara resmi membuka acara. Dalam sambutannya, ia menyatakan syukur atas perayaan Hari Konsumen Nasional 2024 di Kaltim yang dirayakan dengan kebersamaan.

Pria yang menjabat juga sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia ini menekankan pentingnya komitmen untuk mendorong konsumsi produk lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Kita ditakdirkan hidup di sini dan mengonsumsi semua produk lokal. Kita punya tanggung jawab bersama untuk membesarkan produk-produk yang telah kita konsumsi selama puluhan tahun," ujar Akmal Malik.

Pria kelahiran Pulau Punjung, Dharmasraya (Sumatra Barat) menambahkan bahwa konsumen di Kaltim sudah cerdas dan jeli, serta pentingnya mendorong inovasi dan kompetisi di kalangan pelaku usaha.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal, serta Pimpinan PD instansi vertikal lingkup Pemprov Kaltim. (hend/adv/diskominfo) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: