Calon Kilang Terbesar di IKN Terbakar, Jalan Minyak Balikpapan Ditutup Sementara

Calon Kilang Terbesar di IKN Terbakar, Jalan Minyak Balikpapan Ditutup Sementara

Kobaran api terpantau membakar kilang minyak PT Pertamina RU V di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Sabtu (25/5/2024) dini hari.-(Ist/Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Calon kilang minyak terbesar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami kebakaran pada Sabtu (25/5/2024), sekitar pukul 04.11 Wita dini hari. 

Informasi yang diterima, kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan ini terjadi di area Crude Distillation Unit (CDU) IV, Plant 01, yang diduga akibat kegagalan peralatan furnace, meski masih memerlukan investigasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

BACA JUGA: Insiden Kebakaran Terjadi di Markas Satbrimob Polda Kaltim

Sekitar pukul 04.11 pagi, terdengar ledakan di area CDU IV. Pekerja yang berada di lokasi segera melihat kobaran api yang disertai bunyi ledakan. Langkah evakuasi segera dilakukan untuk memastikan keselamatan seluruh pekerja.

Ledakan yang terdengar di area CDU IV sekitar pukul 04.11, diikuti oleh kobaran api. Pekerja segera melakukan evakuasi. Tidak ada tim JO (precom) yang berada di area kilang pada pukul 04.15 Wita.

BACA JUGA: Pembangunan Hotel Nusantara Terus Dikebut, Ditargetkan Selesai Sebelum 17 Agustus

Selanjutnya pada pukul 04.20 Wita, seluruh tim di area Vacum Distilation Unit (VDU) sudah berada di luar lokasi. Pada pukul 04.30, tim precom di SS76 juga berhasil keluar melalui gate 4.

Seorang saksi mata, Irma, warga RT 69 menyebut bahwa api sudah membesar saat bangun sekitar pukul 04.30 pagi. 

Kobaran api yang besar menimbulkan asap hitam pekat yang membubung tinggi, bahkan terlihat dari kawasan Gunung Polisi, Jalan Arjuna, Balikpapan Barat.

BACA JUGA: Dua Rumah di Permukiman Padat Penduduk Kota Balikpapan Ludes Dilahap Api

"Pada pukul 04.30, api sudah membesar dan terlihat dari rumah saya," ujar Irma. 

Hingga berita ini diturunkan, Pertamina belum memberikan keterangan resmi mengenai penyebab kebakaran ini. 

Kebakaran besar ini membuat suasana subuh yang hening berubah menjadi hiruk pikuk, dengan banyak warga yang mengambil gambar dan video serta membagikannya melalui media sosial dan grup komunitas.

BACA JUGA: Breaking News! Pagi-pagi, Dua Bangunan di Samarinda Dilahap Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: