IKN Berpotensi Menarik Minat Wisatawan, DPRD Dorong Pemkab Paser Latih Pemandu Wisata

IKN Berpotensi Menarik Minat Wisatawan, DPRD Dorong Pemkab Paser Latih Pemandu Wisata

Anggota Komisi II DPRD Paser, Abdul Azis. (Awal/Disway)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Demi kenalkan destinasi wisata dan tak membuat wisatawan bosan sehingga ingin kembali datang, maka diperlukan peran pemandu wisata.

Pasalnya, saat ini masih banyak wisatawan yang sekadar berkunjung ke tempat wisata namun tak mendapatkan edukasi tambahan mengenai area wisata yang dikunjungi.

Menyikapi perlunya pemandu wisata yang berada di masing-masing tempat wisata di Bumi Daya Taka, DPRD Kabupaten Paser mendorong pemerintah daerah untuk memberikan pelatihan kepada generasi muda.

"Kami berkomitmen untuk mendorong peningkatan kualitas SDM, termasuk di bidang ekonomi kreatif dan pendidikan kesetaraan termasuk pemandu wisata dengan melibatkan putra putri daerah," kata Anggota Komisi II DPRD Paser, Abdul Azis, Selasa (21/5/2024).

BACA JUGA : Wakil Ketua DPRD Paser Ingatkan Janji PLN kepada Masyarakat Tanjung Aru

Mengingat dengan hadirnya IKN Nusantara yang secara geografis berdekatan dengan Kabupaten Paser.

Peningkatan SDM pada sektor pariwisata di daerah dinilai penting, yang tentunya memberdayakan putra-putri daerah untuk menjadi pemandu wisata atau tour guide.

Sehingga menjadi jadi daya tarik tersendiri dengan adanya edukasi baru yang didapat wisatawan.

"Langkah ini kami anggap krusial untuk menjadikan Paser sebagai destinasi yang menarik bagi wisatawan, baik domestik maupun internasional," tambahnya.

BACA JUGA : Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan, Bupati Berau Minta OPD Terkait Bersinergi

Pemkab Paser harus mengambil tindakan konkret dalam hal pelatihan pemandu wisata. Hal tersebut dianggap penting, agar masyarakat tidak hanya menjadi penonton dalam perkembangan IKN. 

"Anak-anak lokal harus diberdayakan sebagai pemandu wisata karena mereka yang paling mengerti kondisi dan budaya daerah ini," imbuhnya.

Ia menyebut peningkatan kualitas SDM harus menjadi prioritas utama, terutama dalam sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pariwisata. Dan semua itu bergantung dari kebijakan yang diambil oleh Pemkab Paser.

BACA JUGA : Penuhi Panggilan Komisi X DPR, Nadiem Makarim Luruskan Kesalahpahaman UKT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: