Pemkab Kukar Siapkan SDM Lokal Sambut IKN, Bupati Edi Ajak Kolaborasi Sekolah Kejuruan

Pemkab Kukar Siapkan SDM Lokal Sambut IKN, Bupati Edi Ajak Kolaborasi Sekolah Kejuruan

Bupati Kukar Edi Damansyah meminta kerja sama dengan sekolah kejuruan dan perusahaan di Kukar untuk meningkatkan SDM lokal dalam menyambut IKN.-ist-diskominfo kukar


--
KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, mendorong Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk segera bersiap diri dan menata sumber daya manusia (SDM) lokal. Karena jika tidak, bisa jadi warga lokal akan menjadi penonton di rumahnya sendiri.

Karena itu, Bupati Kukar Edi Damansyah, menekankan pentingnya pelatihan tenaga kerja lokal sebagai persiapan untuk kedatangan IKN yang sebagian mengambil wilayah di Kukar dan Penajam Paser Utara (PPU).

“Kerja sama telah kami lakukan dengan berbagai lembaga pelatihan untuk memastikan para pekerja konstruksi mendapat sertifikasi yang sesuai,” ungkap Edi.

Kolaborasi antara sekolah kejuruan dan perusahaan setempat juga digalakkan oleh Pemkab Kukar untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja di wilayahnya.

Bupadi Edi pun mengakui bahwa meski persiapan berjalan baik, masih terbuka peluang untuk peningkatan. Dialog dengan perusahaan telah dilakukan untuk memahami kebutuhan tenaga kerja spesifik mereka.

“Kami berdiskusi dengan para kontraktor untuk mengetahui lebih dalam tentang struktur dan kebutuhan tenaga kerja mereka,” tutur Edi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: