Sejumlah Tokoh Nasional Diisukan Berlaga pada Pilgub Kaltim, Ajakan Pilih Pemimpin Putra Daerah Mulai Bergema

Sejumlah Tokoh Nasional Diisukan Berlaga pada Pilgub Kaltim, Ajakan Pilih Pemimpin Putra Daerah Mulai Bergema

Panglima Laskar Mandau Adat Kalimantan Bersatu (LMAKB), Ali Amin. (Istimewa)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Panglima Laskar Mandau Adat Kalimantan Bersatu (LMAKB) Lintas Suku Lintas Agama, Ali Amin menyatakan dukungannya untuk putra asli daerah, yang ingin maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Kalimantan Timur (Kaltim) 2024. 

Dalam pernyataannya, Ali Amin menyoroti pentingnya memilih pemimpin yang memiliki pemahaman mendalam tentang kondisi dan situasi di wilayahnya.

"Kami sebagai masyarakat asli Kaltim siap mendukung putra asli daerah yang ingin maju sebagai calon gubernur, karena mereka sudah mengetahui seluk-beluk di daerahnya. Seperti contoh Rudy Mas'ud, Hasan Mas'ud yang sudah kita kenal,” ujar Ali Amin pada Jumat (5/4/2024).

Menurutnya lebih baik memilih seseorang yang sudah dikenal di wilayah Kaltim sendiri, dari pada memilih orang dari luar daerah.

Meskipun, tambah Ali Amin, seseorang itu mungkin memiliki pengalaman di daerah lain, namun ketika di Kaltim belum tentu dapat menguasai situasi dengan baik.

Pernyataan tersebut Ali Amin kemukakan setelah dirinya mendengar mengenai nama-nama bursa calon pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 nanti, yaitu Ahok, Djarot, dan Tri Risma.

Disisi lain, Ia mengatakan bahwa tidak menolak dengan pencalonan warga luar Kaltim, namun tetap memprioritaskan putra asli daerah.

“Contohnya Pak Rudy Mas'ud dan Hasan Mas'ud, keduanya adalah warga asli Kaltim. Mereka mengetahui wilayah ini dengan baik, dan wajar jika kita mendukung mereka. Sebagai putra asli Kaltim, saya tidak akan berpihak pada orang lain. Kami akan melakukan rapat untuk menentukan siapa yang layak untuk kami dukung,” tegas Ali Amin.

Ia pun menegaskan bahwa sebagai keluarga besar LMAKB, mengaku yakin akan memilih putra daerah karena lahir dan tumbuh di Kaltim.

Selanjutnya Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kaltim, untuk memilih calon pemimpin daerah yang merupakan warga asli Kaltim. 

Pihaknya akan mengusulkan agar calon pemimpin di setiap daerah cukup berasal dari putra asli daerah. 

“Mereka yang tinggal di wilayah tersebut pasti lebih memahami kondisi dan situasi di sana,” jelasnya.

Ali Amin berharap kepada presiden terpilih nanti, untuk dapat menerima masukan dari putra daerah di masing-masing wilayah.

Ia pun yakin jika amanah diberikan langsung kepada putra daerah, akan memahami permasalahan. Karena mereka adalah orang yang tinggal di sana secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: