Fakta-Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam

Fakta-Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam

Para pemain Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di Hanoi.-X/@PSSI-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM –Timnas Indonesia berhasil menang saat bertandang ke Vietnam dengan skor meyakinkan 3-0 dalam kualifikasi piala dunia 2026. Terdapat sejumlah fakta menarik dalam laga kemenangan tersebut. Apa saja itu?

1. Sudah 29 laga bertemu

Dari 29 laga melawan Vietnam, jumlah kemenangan Indonesia masih lebih banyak dengan 10 kali menang. Sementara Vietnam berhasil menang sebanyak 8 kali. Sisanya, 11 laga berakhir seri. 

2. Akhiri kutukan 20 tahun

Terakhir kali Timnas Indonesia menang di kandang Vietnam adalah 2004 silam pada pegelaran penyisihan grup Piala AFF. The Golden Stars ketika itu kalah telak 3-0. Menariknya, skor yang sama terulang lagi, dimana masing-masing gol dicetak ole Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen dan Ramadhan Sananta. 

BACA JUGA:Puasa 20 Tahun Pecah, Timnas Indonesia Lumat Vietnam 3-0 di Kandang Lawan

3. Dominasi pemain debutan

Berbeda dengan 20 tahun silam, skuad Garuda kali ini lebih banyak didominasi banyak debutan, yakni pemain muda dan naturalisasi. Bahkan pencetak gol Indonesia, Ragnar Oratmangoen mencetak gol debutnya bagi Indonesia. Tom Haye mencetak assist debutnya. 

4. Jersey debutan 

Timnas Indonesia yang diproduksi apparel Erspo menjalani debutnya dengan hasil manis. Seragam timnas yang digarap oleh apparel lokal papan atas itu sempat di kritik karena desainnya dinilai terlalu sederhana dan diluar ekspektasi.

BACA JUGA:20 Tahun Timnas Tidak Pernah Menang Tandang Lawan Vietnam, Mampukah STY Ubah Sejarah?

Namun ketika detail kostum itu diungkap ke publik, kritik berubah menjadi pujian. Jersey timnas memiliki detail menarik dengan menampilkan corak rajutan khas Indonesia. Warganet pun langsung merespons poaitif jersey karya anak milenial bangsa itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: