Puasa 20 Tahun Pecah, Timnas Indonesia Lumat Vietnam 3-0 di Kandang Lawan

Puasa 20 Tahun Pecah, Timnas Indonesia Lumat Vietnam 3-0 di Kandang Lawan

Ragnar Oratmangoen (baju putih) melewati pemain Vietnam.-tangkapan layar-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Timnas Indonesia berhasil melumat Vietnam dengan skor telak 3-0 dalam laga kualifikasi Piala Dunia di My Dinh National Stadium, Selasa 26 Maret 2024.  Kemenangan ini sekaligus memupus kutukan 20 tahun tak pernah menang tandang melawan Vietnam di laga internasional.

Terakhir kali timnas berhasil menang di Hanoi (Ibu kota Vietnam) pada 20 tahun lalu, tepatnya piala Asia 2004. Sejak wasit Ali Reza asal Iran meniup pluit babak pertama, Indonesia mencoba menekan di awal pertandingan.

Malam ini juga merupakan debut pertama bagi Ragnar dan Tom Haye sebagai pemaim yang baru di naturalisasi. Babak pertama baru memasuki menit ke-9 sundulan tepat Jay Idze disarangkan ke jala gawang F Nguyen menjadi sebuah gol. Berawal memanfaatkan sepak pojok indah dari Tom Haye. Skor 1-0 atas keunggulan Indonesia.

BACA JUGA:20 Tahun Timnas Tidak Pernah Menang Tandang Lawan Vietnam, Mampukah STY Ubah Sejarah?

Dari gol ini suhu pertandingan kian memanas. Terbukti kedua tim dihujani kartu kuning. Build up penyerangan yang dilakukuan oleh anak asuh Shin Tae Yong membuat lini pertahanan Vietnam kocar-kacir di 15 menit pertama.

Tambahan gol lainnya dicetak Ragnar pada menit ke-23 setelah berhasil melewati lima pemain Vietnam dari sisi kiri lapangan. Tanpa pikir panjang, tanpa basa basi, Ragnar mencetak gol dengan kaki kirinya melewati sudut sempit.  2-0 untuk Indonesia.

Hujan kartu kuning  terjadi di menit ke-34. Asnawi Mangkualam dan Bui Hoang Viet sama-sama diganjar kartu kuning. Tak hanya sampai disitu saja. Timmas lagi-lagi diganjar kartu kuning dua pemainnya Ernando dan Hokky Caraka diganjar karena melakukan gerakan yang tidak diperlukan sama sekali. Hingga Ali Reza meniupkan pluit tanda paruh babak pertama berakhir, skor 2-0 tidak berubah.

Babak kedua dimulai. Timnas mulai mengurangi intensitas serangan dan lebih bertahan. Menit ke-65 Ragnar kembali memanjakan mata para penonton dengan aksi individu nya melewati dua pemain Vietnam. Namun sayang tidak ada rekan yang bisa membantu dia dalam menyelesaikan serangan. Lagi dan lagi skuad garuda kembali menerima kartu kuning. pada menit ke-67 Asanawi diganjar kartu kuning karena mencoba memerlambat pertandingan.

BACA JUGA:Fakta-Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam

Di menit ke-86 sebenarnya skuad garuda memiliki peluang dari Egi Maulana. Tapi sayang, usaha tersebut harus terhenti karena bole membentur kaki wasit Ali Reza. Alhasil Ali Reza harus memberikan ball drawa yang sebenarnya merugikan Timnas. Wasit pun memberi perpanjangan waktu hingga 9 menit pertandingan.

Menit ke-95 Ricky Kambuaya yang baru masuk menggantikan Ragnar harus diganjar kartu kuning karena sengaja mengait kaki pemain Vietnam. Petaka bagi Vietnam terjadi lagi. Menit 95, Ramadhan Sananta menambah papan skor untuk Indonesia menjadi 3-0 setelah memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Wasit pun meniup pluit tanda berakhirnya pertandingan.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: