Bank Indonesia Kaltim Pastikan Uang Tunai Selama Libur Nataru Aman

Bank Indonesia Kaltim Pastikan Uang Tunai Selama Libur Nataru Aman

Gedung Bankaltimtara.-Bayong-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Menyambut Natal dan tahun baru (Nataru) 2024, Bank Indonesia perwakilan Kaltim menyiapkan uang tunai senilai Rp 3,3 triliun, demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Nilai ini cenderung naik sekitar Rp 596 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala BI Perwakilan (Pwk) Kaltim Budi Widihartanto menjelaskan bertambahnya nilai ini, seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat dan konsumsi rumah tangga selama libur panjang. Serta perkiraan belanja instansi pemerintah.

Uang tunai yang disiapkan tersebut terdiri dari Rp85 M Uang Pecahan Kecil (UPK) dan Rp3,235 triliun Uang Pecahan Besar (UPB),” terang Budi melalui siaran resmi yang diterima media ini.

Guna memenuhi kebutuhan uang tunai di masyarakat tersebut, seluruh perbankan diminta menyiapkan jaringan ATM untuk melayani masyarakat. Jaringan ATM tersebut akan tersedia selama hari libur berlangsung. Adapun penukaran di loket perbankan sudah berlangsung sejak 4 hingga 22 Desember lalu.

“Dengan tersebarnya ATM yang berada di Kaltim, kami berharap dapat memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan akan uang tunai guna mencukupi kebutuhan selama nataru,” urainya.

Budi menambahkan pula kalau BI akan terus bersinergi dengan stakeholder terkait peningkatan literasi keuangan. BI juga mengajak dan mengedukasi masyarakat agar bisa menjalankan moto Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah.

“Cinta rupiah dengan merawat uang sebaik mungkin, bangga rupiah sebagai simbol kedaulatan negara serta paham rupiah dalam konteks menggunakan rupiah untuk bertransaksi secara bijak sesuai kebutuhan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: