Jelang Idulfitri, Bank Mandiri Siapkan Rp 2,32 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai di Kalimantan

Jelang Idulfitri, Bank Mandiri Siapkan Rp 2,32 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai di Kalimantan

Para pejabat Bank Mandiri Region IX/Kalimantan bersama Pimpinan Media di Kaltim, di sela acara Buka Puasa Bersama di Balikpapan, pada Rabu, 19 Maret 2025. -(Disway Kaltim/ Sammy)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Bank Mandiri menyiapkan uang tunai sebesar Rp 2,32 triliun guna mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat di wilayah Kalimantan selama bulan Ramadan hingga Idulfitri 1446 H. 

Alokasi ini berlaku untuk periode 10 Maret hingga 8 April 2025 dan akan digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi tunai. 

Termasuk pembayaran gaji dan tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN).

Hal ini disampaikan Regional CEO Bank Mandiri Region IX/Kalimantan, Ferry Kurnia Budianto di sela buka puasa bersama Direktur Disway Kaltim, Devi Alamsyah yang berlangsung di Balikpapan, pada Rabu (19/3/2025).

Ferry Kurnia Budianto mengatakan, langkah ini diambil untuk memastikan kelancaran transaksi nasabah selama periode Lebaran. 

BACA JUGA: Disnakertrans PPU Buka Posko THR, Siap Terima Aduan Pekerja

“Langkah ini diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN,” terangnya.

Dari total kebutuhan uang tunai tersebut, sekitar Rp 2,24 triliun dialokasikan khusus untuk pengisian ATM Bank Mandiri di wilayah Kalimantan. 

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 751 unit ATM/CRM Bank Mandiri di Kalimantan yang terhubung dalam jaringan ATM nasional dan internasional sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” tambah Ferry.

Selain melalui mesin ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan transaksi digital melalui berbagai channel pembayaran online. 

BACA JUGA: Pemkab Paser Imbau Perusahaan Bayar THR Paling Lambat H-7 Sebelum Lebaran

Saat ini, terdapat 12.232 mesin EDC serta aplikasi Livin’ by Mandiri yang siap melayani kebutuhan transaksi nasabah. 

“Mengingat banyaknya pengguna Livin’ by Mandiri, kami akan mengoptimalisasi kapasitas super app ini agar tetap dapat memberikan layanan prima pada saat puncak transaksi, termasuk layanan BI Fast yang kini menjadi pilihan utama nasabah dalam pengiriman dana,” jelas Ferry.

Untuk memastikan kelancaran layanan digital, Bank Mandiri menyiapkan likuiditas yang cukup dalam Rekening Settlement Dana (RSD) guna mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST selama Ramadan dan Idulfitri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: