Disputakar Balikpapan Siapkan Mobil Perpustakaan Keliling Demi Tingkatkan Minat Baca

Disputakar Balikpapan Siapkan Mobil Perpustakaan Keliling Demi Tingkatkan Minat Baca

Mobil perpustakaan keliling Balikpapan. -Adhi/Disway-

Balikpapan, nomorsatukaltim –  Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disputakar) Balikpapan tengah berupaya meningkatkan minat baca warga Kota Beriman. Upaya ini mulai disosialisasikan dengan menyediakan mobil Perpustakaan keliling (Pusling).

Kepala Bidang Disputakar Balikpapan Kartini mengaku, mobil Pusling bergerak di sekolah-sekolah. Termasuk menginventarisasi perpustakaan sekolah yang dinilai tidak standar.

"Jadi kami kirimkan Pusling untuk memberikan pelayanan siswa-siswi didik, lumayan animonya. Bahkan ada guru-guru yang menyurat ke kami meminta untuk dikirimkan Pusling," kata dia, Sabtu (9/12/2023).

Dijelaskannya, mobil Pusling sendiri merupakan mobil yang sudah terisi dengan aneka buku bacaan lengkap dengan petugasnya. Namun, sambung Kartini, dari empat mobil Pusling yang dimiliki oleh Disputakar Balikpapan, hanya ada dua yang beroperasi. Dua unit lainnya sudah tak layak digunakan. Mobil Pusling sendiri berkeliling di sekolah-sekolah, event Car Free day di Lapangan Merdeka dan Taman Bekapai.

"Jadi hanya dua unit saja saat ini yang masih beroperasi," sebutnya.

Lebih lanjut, Kartini menuturkan, untuk meningkatkan minta baca di Balikpapan, pihaknya juga bekerjasama dengan instansi lain. Seperti, Organisasi Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

"Jadi semua bergerak, tidak bisa bergerak sendiri. Karena menggerakkan minat baca Dipustakar itu tidak akan sanggup jika hanya sendiri saja," tandas Kartini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: