KPU Rilis Desain Surat Suara Pilpres 2024, Tiga Paslon Pilih Gaya Berbeda

KPU Rilis Desain Surat Suara Pilpres 2024, Tiga Paslon Pilih Gaya Berbeda

Penampakan desain surat suara pemilihan capres dan cawapres (Pilpres) 2024 yang dirilis oleh KPU RI.-(Disway/ Istimewa)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis desain surat suara yang akan digunakan untuk Pemilihan Capres-Cawapres (Pilpres) 2024.

Anggota KPU RI, Yulianto Sudrajat mengatakan bahwa desain surat suara tersebut sudah disetujui dan akan segera dicetak.

"Sudah disetujui. Berikutnya masuk proses dipercetakan," ujar Yulianto Sudrajat saat dikonfirmasi, Kamis (30/11/2023).

Namun ada yang berbeda dengan pose atau tampilan capres-cawapres dalam surat suara Pilpres 2024. Jika pada Pilpres 2029 lalu semua pasangan calon (paslon) berpose standar dengan gaya yang seragam.

Maka pada surat suara Pilpres 2024 ini, para paslon capres-cawapres menampilkan pose yang berbeda-beda.

Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik menjelaskan terkait pose yang ditampilkan oleh ketiga pasangan capres-cawapres tersebut.

Dia mengatakan bahwa pihaknya tidak terlalu mempermasalahkan pose yang digunakan oleh ketiganya. Justru KPU hanya meminta ketiga pasangan tersebut untuk foto dengan sopan.

Pihak KPU, lanjut Idham, juga memberikan ruang kebebasan kepada ketiga pasangan calon untuk memilih foto terbaiknya.

"Berkaitan dengan foto yang disampaikan oleh tim kampanye kepada KPU itu sepenuhnya dikembalikan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden itu sendiri," kata Idham Holik.  

"Mau posenya seperti apa, backgroundnya seperti apa, fashion yang seperti apa, yang jelas kami hanya memberikan kategori sopan, foto yang sopan dan mereka memang kita berikan ruang kebebasan untuk memilih foto-foto terbaik menurut beliau-beliau," tandasnya.

Diketahui, dalam desain Surat Suara Pilpres 2024, para capres-cawapres menampilkan gaya yang berbeda-beda.

Nomor urut 1, pasangan capres-cawapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar  berpose hormat dengan pakaian formalnya. Yaitu kemeja putih yang dilapisi jas warna hitam dengan nama AMIN di bagian dada kirinya dan menggunakan peci warna hitam.

Lalu nomor urut 2, pasangan capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, terlihat dengan pose standar. Keduanya menggunakan pakaian yang lebih sederhana, yakni kemeja bewarna biru langit tanpa ada pose apa pun.

Nomor urut 3, yaitu pasangan capres-cawapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, memilih menggunakan pakaian yang tidak senada. Ganjar Pranowo berkemeja hitam, sedangkan Mahfud MD berkemeja putih.

Ganjar memilih memperlihatkan rambut putih sebagai ciri khasnya. Sedangkan Mahfud memilih mengenakan peci hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id