Kualifikasi Piala Dunia 2026: Menanti Kebangkitan Garuda dalam Laga Vs Filipina

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Menanti Kebangkitan Garuda dalam Laga Vs Filipina

Para punggawa Timnas Indonesia berlatih jelang laga melawan Filipina pada Selasa malam (21/11/2023).-(Dok. PSSI)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Timnas Indonesia malam ini, Selasa (21/11/2023), bakal menghadapi Filipina di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Usai menelan kekalahan 5-1 atas Timnas Irak, anak asuh Shin Tae-yong bakal melakoni pertandingan away kedua Grup F yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.

Laga kali ini diharapkan menjadi awal kebangkitan Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebab, Filipina juga menderita kekalahan dari tim tamu Vietnam dengan skor akhir 0-2 pada pertandingan yang berlangsung Kamis (16/11/2023).

Tentu saja Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan wajib meraih 3 poin dalam pertandingan ini untuk menjaga asa lolos ke tahap berikutnya.

Di atas kertas, Indonesia punya catatan positif melawan Filipina. Dari 25 pertandingan sebelumnya, Skuad Garuda berhasil meraih 20 kemenangan, 4 kali bermain imbang, dan hanya mengalami satu kekalahan.

Tentunya statistik tersebut harus dipertahankan oleh Shin Tae-yong beserta seluruh timnya. Meski pelatih asal Korea Selatan tersebut mengakui timnya harus beradaptasi usai perjalanan panjang dari Irak.

“Sejujurnya kami melalui perjalanan yang panjang dari Irak, tentu dengan perbedaan waktu. Jadi kami harus beradaptasi dengan kondisi di Manila, namun kami tetap mengusahakan persiapan terbaik untuk menghadapi pertandingan besok,” kata Shin Tae-yong saat sesi jumpa pers jelang laga, Senin (20/11/2023).

Dia juga menegaskan kalau dirinya sudah mengatasi kondisi kebugaran pemainnya.

“Memang tidak semudah mengucapkan, tapi kami telah memulihkan fisik para pemain, jadi tidak masalah. Besok di pertandingan kami mungkin akan memiliki sejumlah kekurangan dalam hal kebugaran, tapi kami telah melakukan persiapan yang baik dari sisi mentalitas pemain, jadi kami dapat melewatinya dengan baik. Sejauh ini semua (persiapan) berjalan dengan baik,” tegasnya lagi.

Shin Tay-yong menyatakan, bermain di rumput sintetis Stadion Rizal Memorial juga bakal menjadi tantangan bagi timnya.

“Kami akan bermain di lapangan dengan rumput sintetis, ini juga bukan situasi mudah untuk kami,” jelasnya.

Pun demikian, demi alasan profesional, Shin Tae-yong menyatakan jika timnya siap bertanding. Tentunya dengan sejumlah penyesuaian.

“Kami akan tetap bermain dengan apa yang menguntungkan kami dan dengan gaya permainan kami. Jelas Irak dan Filipina adalah dua tim yang memiliki perbedaan besar. Bukan hanya tentang gaya permainan, ada banyak perbedaan. Jadi kami mencoba menyesuaikan gaya permainan kami untuk menghadapi Filipina, kami sudah bersiap dengan baik. Jadi anda dapat melihat pertandingan yang menarik besok,” ujarnya.

 

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026, Filipina vs Indonesia

 

  • Hari: Selasa, 21 November 2023
  • Kick Off: 19.00 WITA
  • Lokasi: Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.
  • Siaran langsung: RCTI

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: