Tuntut Hak Tanah di IKN, Puluhan Warga Pantai Lango Gelar Aksi

Tuntut Hak Tanah di IKN, Puluhan Warga Pantai Lango Gelar Aksi

Nomorsatukaltim.com - Puluhan masyarakat Pantai Lango Buluminung, Penajam Paser Utara menggelar aksi menuntut hak tanah mereka dikembalikan.

Para warga melakukan aksi di atas lahan mereka, di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Warga menyebut, ada sekitar 1.884 hektare, yang seharusnya milik warga, tetapi dijadikan bagian lahan untuk pembangunan bandara VVIP di lokasi IKN.

Masalahnya, lahan yang dipatok bukan lahan kosong, melainkan ada pemukiman dan kebun milik warga. Imbasnya, warga yang berada di lima kelurahan akan direlokasi.

Menurut warga terdampak, lahan tersebut harusnya dikembalikan kepada masyarakat. Namun, pematokan lahan dilakukan oleh Badan Bank Tanah.

"Bahwasanya masyarakat sebelumnya sudah memiliki hak atas tanah yang ada di sini. Itu ditandai dengan surat menyurat yang dipegang para pemegang hak yang ada di daerah ini," kata orator aksi, Kamis, (3/8/2023).

Dalam tuntutannya, warga terdampak meminta agar hak masyarakat tidak diabaikan. Meminta kepada Jokowi untuk segera turun tangan. Mengembalikan hak tanah warga yang dirampas.

"Kami sangat mencintai dan mendukung keberadaan IKN, karena pada hakekatnya keberadaan IKN itu sendiri mensejahterakan masyarakat, bukan sebaliknya, menindas hak hak masyarakat yang ada," ungkapnya.

"Pada hari ini kami dan masyarakat yang hadir di sini menuntut dan memohon kepada bapak Presiden, agar sekali lagi hak masyarakat mohon diindahkan," sambungnya.

Alasan warga menuntut hak tanah mereka karena, sebelumnya tanah yang akan dibangun bandara VVIP IKN itu diakui sebagai tanah warga sekitar, yang oleh pemerintah masuk menjadi HGU perusahaan.

Warga menuntut lahan bekas HGU itu harus dikembalikan kepada mereka. Sudah ada janji dari Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni kepada masyarakat bahwa lahan milik masyarakat akan direforma dengan mengembalikannya kepada masyarakat.

Namun, janji belum terealisasi tiba-tiba ada pematokan lahan oleh Badan Bank Tanah. (*/Adhi)

Reporter: Adhi Suhardi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: