Gedung Sekolah Bakal Dibangun di Balikpapan Tengah dan Timur

Gedung Sekolah Bakal Dibangun di Balikpapan Tengah dan Timur

Nomorsatukaltim.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 lalu, masih menyisakan sejumlah persoalan. Jumlah peserta didik masih tak sebanding dengan jumlah sekolah yang ada. Salah satunya di Kecamatan Balikpapan Tengah.

Sampai saat ini, wilayah Balikpapan Tengah hanya punya satu sekolah ditingkat SMP negeri. Sedangkan, jumlah sekolah tingkat SD ada 30 bangunan.

Saat Rapat Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2024, di Kantor Dewan Balikpapan, Senin (31/7/2023) kemarin, PPDB tahun 2023 masuk pembahasan.

Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni tahun 2024. Bangunan sekolah SMP Kecamatan Balikpapan Tengah diusulkan untuk ditambah.

Wakil Ketua Parlemen Balikpapan, Budiono menerangkan, akan merealisasikan penambahan bangunan sekolah SMP Balikpapan Tengah.

"Kami mengunjungi dua lokasi di Balikpapan Tengah, rencananya akan dibangun sekolahan. Tepatnya di Jalan Joko Tole dan Jalan Beller," ujarnya.

"Karena di Balikpapan Tengah itu secara zonasi hanya satu SMP nya. Maka kita akan bangun di sana," sambungnya.

Ia menambahkan, selain Kecamatan Balikpapan Tengah, pembangunan sekolah baru juga akan dilakukan di Balikpapan Timur.

"Kita juga akan membangun di Balikpapan Timur. Kita sudah mengunjungi dua lokasi itu, Balikpapan Tengah dan Timur," imbuhnya.

Menurutnya, PPDB tahun 2023 lalu, ada 12 ribu lulusan SD. Tetapi daya tampung sekolah negeri tingkat SMP tidak sampai 70 persen. Padahal kewajiban pemerintah wajib menampung 70 persen dari lulusan SD.

"Untuk dua lokasi Balikpapan Tengah yang akan dibangun jalan Jokotole, dan jalan Beler. Kalau di Timur ada di Kelurahan Manggar, ada dua lokasi," sebutnya. (*/ Adhi)

Reporter: Adhi Suhardi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: