PKB Walkout dari Paripurna Panlih Wawali, Taufiq: Tau Dirilah…

PKB Walkout dari Paripurna Panlih Wawali, Taufiq: Tau Dirilah…

Nomorsatukaltim.com - Panitia Pemilih (Panlih) wakil walikota Balikpapan, yang telah dibentuk melalui Rapat pembentukan di Ruang Paripurna DPRD Balikpapan, kemarin, meninggalkan persoalan.

Sebab, di tengah rapat, Partai PKB melakukan walk out. Fraksi Gabungan Nasdem dan PKB itu meninggalkan ruang sidang karena merasa tak pernah dilibatkan, dan ujug-ujug dilakukan penunjukan.

"Panlih ini memang wajib, tapi tau-tau dirilah, masa bukan partai pengusung ditunjuk sebagai wakilnya," kata Anggota Parlemen Balikpapan dari Partai PKB, Taufiq Qul Rahman, Selasa (25/7/2023).

Taufiq mengatakan tak pernah dilibatkan dalam rapat di internal Fraksi Gabungan Nasdem-PKB.

Padahal PKB adalah partai pengusung Rahmad Mas'ud-Tohari Aziz dalam Pilkada serentak Desember 2020 lalu. Sedangkan Nasdem bukan pengusung dan tidak terlibat memenangkan Walikota terpilih saat ini.

"Tidak mungkin lengkap tanpa ada PKB, tidak jadi satu fraksi. Tidak pernah ada dibawa rapat, tidak pernah ada notulen rapat. Langsung tiba-tiba menunjuk di internal kami," ujarnya.

Taufiq mengingatkan, Fraksi tidak boleh semena-mena. Harus ada rapat untuk mewakili Fraksi Gabungan tersebut.

"Tau-tau dirilah, masa bukan partai pengusung ditunjuk sebagai wakilnya. PKB partai pengusung lho Nasdem kan enggak. Sebenarnya bukan masalah kalau mau mewakili dari Nasdem, tapi hasil notulen rapat dong, hasil kesepakatan ndak ada," tandasnya.

Ketua Parlemen Balikpapan, Abdulloh, sebelumnya menyatakan tak tahu menahu masalah apa yang terjadi di internal Fraksi Gabungan Nasdem-PKB.

"Saya sekali lagi tidak tahu masalah internal fraksi gabungan Nasdem dan PKB. Kami tidak ikut campur. Yang pasti rapat berjalan dengan mulus, semua fraksi menghadiri rapat tersebut," ungkap Abdulloh.

Adapun susunan Panlih Wawali Kota Balikpapan terdiri dari Ketua Panlih Abdulloh, Sekretaris Subari.

Sedangkan nggota Panlih adalah delegasi fraksi dewan. Yakni, anggota dari Fraksi Golkar-Hanura Andi Arif Agung, Fraksi PDIP Wiranata Oey, Fraksi Gerindra Muhammad Taqwa, Fraksi PKS Laisa Hamisah, Fraksi Demokrat Mieke Henny, Fraksi PPP Ardiansyah, dan Fraksi Nasdem-PKB Puryadi. (*/ Adhi)

Reporter: Adhi Suhardi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: