Pemkab Mahulu Apresiasi Gelaran Workshop USAID SEGAR Dukung Pengelolaan SDA Berbasis Masyarakat

Kamis 12-09-2024,16:45 WIB
Reporter : Tri Romadhani
Editor : Tri Romadhani

MAHAKAM ULU, NOMORSATUKALTIM- Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) mengapresiasi atas pelaksanaan Workshop pengelolaan sumber daya alam (SDA) berbasis masyarakat yang diinisiasi oleh United States Agency for International Development (USAID).

Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari program Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) berbasis masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kawasan berkelanjutan itu dilaksanakan di Hotel Five Premiere, Samarinda, pada Kamis (12/9/2024).

BACA JUGA : Bawaslu Mahulu Awasi Pemeriksaan Kesehatan Tiga Bapaslon

Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Agustinus Teguh Santoso, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat, khususnya USAID SEGAR dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) atas kolaborasi yang terus terjalin

“Program USAID SEGAR adalah wujud penting dari kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat untuk mendorong pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Mahakam Ulu,” ungkap Agustinus.

BACA JUGA : Juan Jenau: Sebagai Ketua Pansus Pemekaran, Saya Ingin Mewujudkan Kesejahteraan Mahulu

Ia menekankan bahwa program ini sejalan dengan visi pembangunan daerah yang tidak hanya memperhatikan pertumbuhan ekonomi tetapi juga kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Pemkab Mahulu mendukung penuh program ini karena bertujuan untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis lingkungan.

Agustinus menjelaskan, pembangunan yang berwawasan lingkungan tidak bisa terwujud tanpa keterlibatan aktif masyarakat.

BACA JUGA : Dua Kursi DPRD Mahulu Bakal Kosong, Sekwan: Menunggu Pergerakan Parpol

Dengan pendekatan berbasis masyarakat, pemanfaatan sumber daya alam dapat dilakukan secara bijak dan terukur, memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan budaya bagi generasi sekarang dan mendatang.

“Pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat ini merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus melestarikan lingkungan. Melalui perlindungan yang terukur, kita dapat menjaga ekosistem dan sekaligus memanfaatkannya untuk kepentingan ekonomi secara berkelanjutan,” jelasnya.

Sementara itu, Niel Makinuddin, Government Relation Senior Manager YKAN, berharap workshop ini menjadi ajang berbagi pengalaman dan memperkuat inisiatif yang sedang berkembang di Mahakam Ulu.

BACA JUGA : Pemuda Pancasila Mahulu Berkomitmen Dukung Pasangan Bulan-Fathra, Ini Alasannya!

Kategori :