Gangguan Sistem IT, Saldo Nasabah Bank Mandiri Tiba-Tiba Kosong

Gangguan Sistem IT, Saldo Nasabah Bank Mandiri Tiba-Tiba Kosong

Nasabah ramai-ramai mendatangi Bank Mandiri Cabang Mulawarman di Samarinda, Sabtu (20/7/2019). (Michael/diswaykaltim.com) Balikpapan, DiswayKaltim.com – Nasabah Bank Mandiri dibuat panik. Sabtu (20/7/2019) pagi ini saldo di rekening tiba-tiba berkurang. Bahkan ada nasabah yang mengaku saldonya kosong. Padahal tidak melakukan transaksi apapun. "Saya baru mengetahui dari teman saya dan saya juga melihat postingan di Facebook untuk periksa saldo di rekening Mandiri. Ternyata benar, uang saya berkurang Rp 28,5 Juta,” kata Sarutomo (44), Warga Jalan Jelawat, saat di temui di Bank Mandiri Jalan Mulawarman, Sabtu (20/7/2019). Dia menuturkan, saat ini saldo yang dimilikinya tersisa Rp 178 Juta. Kejadian lain dialami kerabatnya yaitu saldo di rekeningnya bertambah hingga menjadi Rp 300 Juta. “Kemarin saya baru transfer uang. Saya masih ingat saldo terakhir saya Rp 208,5 Juta. Teman saya katanya saldonya malah nambah Rp 300 Juta lebih malah,” jelasnya. Sementara itu, Paula Hendrik (49) mengaku saat ini saldonya habis total. Dia punya dua rekening Mandiri. “Rekening mandiri saya ada dua. Yang satu, kisaran jutaan yang hilang. Saldonya saya cek di SMS Banking itu Rp 0,-. Sekarang, saya mau mengamankan saldo saya di rekening yang satunya yang jumlahnya hingga ratusan juta,” bebernya. Kejadian ini tidak hanya dialami nasabah di Samarinda dan Balikpapan. Kenaehan ini disebut juga terjadi pada nasabah di daerah lain. Informasi sementara terkait kejadian, beredar penjelasan yang disebut dari pihak Bank Mandiri. Bank pelat merah itu menyebut sedang ada gangguan pada sistem IT yang mengakibatkan sistem down dan berimbas  pada jumlah saldo di rekening nasabah yang tidak sesuai. Kejadian ini disebut terjadi di beberapa region, termasuk region 9 yang mencakup Kalimantan. Beberapa nasabah mengeluhkan saldonya berkurang, bahkan ada yang kosong. Ada juga yang mengaku saldonya bertambah. “Kami mohon maaf atas kendala ini. Saat ini sedang kami investigasi. Bapak/ibu tidak perlu khawatir karena kami pastikan dana bapak/ibu tidak ada yang berkurang. Karena saat ini proses normalisasi data sedang berjalan. Silakan cek secara berkala saldo bapak/ibu melalui e-channel kami,” begitu bunyi pesan klarifikasi dari Bank Mandiri yang diterima DiswayKaltim.com (mic/eny) Berita Terkait: Pemeliharaan Sistem Informasi, Nasabah Diimbau Tidak Panik, Uang Dijamin Tetap Aman    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: