Perusahaan Pembuat Teh Boba dalam Kaleng Jadi Polemik di Kanada, Disebut Tidak Hormati Kebudayaan Taiwan

Perusahaan Pembuat Teh Boba dalam Kaleng Jadi Polemik di Kanada, Disebut Tidak Hormati Kebudayaan Taiwan

Papan pameran yang memamerkan teh boba di Taiwan Expo di Washington, DC, pada 12 Oktober 2022.-AFP-

"Di Taiwan, kami terus-menerus membuat jenis teh boba baru, jadi saya pikir masuk akal jika orang-orang di luar negeri juga melakukannya.”

BACA JUGA:Mengenal Sistem Pertahanan Udara Iron Dome Milik Israel yang Berhasil Dibobol Rudal Iran

BACA JUGA:WHO: Lebih 6 Persen Warga Gaza Tewas atau Terluka dalam Setahun Terakhir

Line You Ze, yang bekerja di kedai teh boba di Taichung dari 2019 hingga 2022, memiliki reaksi serupa. Dia tahu adanya kontroversi itu saat membuka media sosial.
"Saya tidak berpikir itu masalah besar bahwa mereka mengambil teh boba dan menambahkan sentuhan mereka sendiri ke dalamnya," kata Lin kepada Al Jazeera.

"Teh Boba bisa sangat mudah dibuat dan banyak barang yang Anda butuhkan awalnya datang ke Taiwan dari tempat lain, jadi semuanya terhubung.”
Lin mengatakan fokusnya harus pada kualitas produk dan bukan pada latar belakang pemilik perusahaan.

"Jika mereka membuat teh boba baru yang enak dan lebih sehat, maka itu baik untuk semua orang, bukan?”

Yang Zou Ming, yang pamannya memiliki kedai teh boba di Taichung, kurang terkesan dengan nada Bobba, meskipun dia mengatakan dia tidak memiliki masalah dengan orang-orang yang bukan orang Taiwan yang menjual minuman tersebut.

"Teh Boba harus dibuat segar, dan Anda akan kehilangannya jika Anda memasukkannya ke dalam kaleng dan menyimpannya untuk waktu yang lama," katanya kepada Al Jazeera.

BACA JUGA:Ratusan Nyawa Melayang Akibat Banjir Bandang yang Terjang Nepal

"Tapi saya tidak melihat ada masalah dengan orang-orang di seluruh dunia yang menjual berbagai jenis teh boba.”

Sejarah teh boba
Teh boba, begitu masyarakat Taiwan mengenalnya, merupakan minuman klasik. Terdiri dari teh susu dengan mutiara tapioka yang kenyal. Jenis minuman ini berasal dari Taiwan pada 1980-an, sebelum menyebar ke Amerika Serikat pada 1990-an melalui imigrasi Taiwan.

Saat ini, boba tea tersedia di seluruh dunia dengan perusahaan seperti Kung Fu Tea dan Share tea, yang berkantor pusat masing-masing di New York dan Sydney, mengoperasikan ratusan gerai di berbagai negara.

BACA JUGA:Banyak Artis Hollywood Diduga Terlibat Skandal P Diddy

Di tengah popularitas yang meledak-ledak secara global, pasar boba, yang telah berkembang hingga mencakup variasi seperti koktail dan es krim, bernilai $2,43 miliar tahun lalu saja, menurut Fortune Business Insights.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: