Persiapan Pilkada 2024 di Balikpapan Capai 90 Persen

Persiapan Pilkada 2024 di Balikpapan Capai 90 Persen

Pjs Wali Kota Balikpapan, Muzakkir bersama forkopimda saat meninjau gudang KPU Balikpapan, Jumat (4/10/2024).-chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Muzakkir, bersama dengan unsur Forkopimda Kota Balikpapan, melakukan kunjungan ke gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, pada Jumat 4 Oktober 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk memantau kesiapan logistik serta infrastruktur jelang Pilkada 2024 yang akan berlangsung dalam waktu sekitar 54 hari lagi.

Pjs Wali Kota Balikpapan didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi daerah, seperti Kapolres, Dandim, dan Kajari, serta unsur pemerintah kota lainnya.

Muzakkir menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan kesiapan seluruh elemen yang mendukung pelaksanaan Pilkada.

BACA JUGA:Balikpapan Fest 2024, Jumlah Pengunjung Lampaui Target

BACA JUGA:Dishub Balikpapan Rencanakan Tambah 10 Halte Bacitra

Ia menambahkan selama kunjungan ini juga melakukan pengecekan terkait sarana dan prasarana (sarpras) yang sudah tersedia.

"Hari ini kita bersama Forkopimda untuk melakukan monitoring terhadap sarpras yang sudah ada, memastikan apakah sudah lengkap atau tidak. Cek dan ricek perlu dilakukan supaya koordinasi dengan institusi masing-masing berjalan baik. Nanti Forkopimda akan memberi saran kepada Ketua KPU," lanjutnya.

Beberapa potensi kendala turut dibahas. Termasuk lokasi kampanye dan penetapan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Disamping pula kampanye paslon dan lokasi-lokasi TPS.

Penetapan TPS katanya harus mempertimbangkan karakteristik wilayah, agar tidak masuk rawan banjir dan tidak terlalu jauh dari pemilih.

BACA JUGA:PDIP Balikpapan Optimistis Menang Pilkada 2024, Budiono: Sudah Lima Kali Berturut-turut

BACA JUGA:2 Rumah Warga Terdampak Longsor di Balikpapan, Tanda Bahaya Muncul Sejak Pagi

Sementara itu, Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono yang juga turut serta memaparkan kondisi terkini persiapan jelang Pilkada 2024. Katanya ada dua aspek utama yang menjadi perhatian KPU. Yaitu sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur serta logistik.

"Kami memaparkan bagaimana persiapan dan kesiapan tahapan demi tahapan menjelang Pilkada. Pertama terkait SDM, saat ini kami sedang dalam proses menuju penetapan KPPS dan Linmas. Untuk SDM, sudah mencapai 90 persen, tinggal penetapan nama-nama," jelas Prakoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: