Kebakaran Besar Hanguskan Gudang Perabotan Plastik di Kawasan Bukit Cinta Balikpapan

Kebakaran Besar Hanguskan Gudang Perabotan Plastik di Kawasan Bukit Cinta Balikpapan

Proses pemadaman api pada kebakaran gudang perabot plastik yang terjadi kawasan Bukit Cinta, Kelurahan Damai, Balikpapan Kota, pada Selasa (17/9/2024). (Disway/ Chandra)--

Kebakaran semakin sulit dikendalikan karena akses menuju lokasi terhambat oleh perbaikan jalan.

"Kesulitannya karena jalurnya buntu akibat perbaikan jalan, jadi kami harus memanuver unit seperti water cannon untuk membantu suplai air. Kami harus bolak-balik melalui jalan yang cukup sempit, sementara masyarakat juga berkumpul di sekitar lokasi," jelas Usman.

BACA JUGA : IKN Siapkan Kawasan Khusus untuk Rumah Ibadah Antar Agama

Selain itu, Usman mengungkapkan kekhawatiran tentang kemungkinan api menyebar ke area yang berdekatan dengan fasilitas Angkatan Udara.

"Di belakang gudang ini ada bagian dari Angkatan Udara, khususnya radar. Kami khawatir api bisa menyebar ke wilayah tersebut, jadi kami berusaha mengantisipasi agar pemadaman berjalan lancar," tambahnya.

Dalam upaya memadamkan api, tim BPBD juga menggunakan metode khusus untuk mencegah penyebaran api lebih lanjut.

"Kami menggunakan deterjen untuk menutup permukaan panas agar api tidak menyebar kembali. Ini adalah metode yang biasa digunakan di lapangan, di mana satu tim bertugas menyemprotkan air dan yang lain menyuplai, memastikan aliran air tidak terputus dan area yang terbakar bisa diblokade," jelas Usman.

BACA JUGA : Tinggalkan PPU, Marbun Titip Kegiatan Positif di Taman Alun-alun Tak Berhenti

Ia juga menyebut bahwa tumpukan plastik di dalam gudang menjadi salah satu penyebab api cepat menyebar.

"Di dalam gudang, kami melihat tumpukan plastik, yang terdiri dari sampah dan barang pecah belah dari plastik," pungkasnya.

Sedangkan penyebab kebakaran ini, pihaknya mengatakan bahwa belum mengetahui secara pasti dan proses penyelidikan akan dilakukan oleh pihak kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: