Presiden Jokowi: TNI dan Polri Fokus pada Transformasi, Stabilitas, dan Profesionalisme

Presiden Jokowi: TNI dan Polri Fokus pada Transformasi, Stabilitas, dan Profesionalisme

Presiden Jokowi memberi pengarahan kepada perwira TNI/Polri di IKN.-ss-nomorsatukaltim.disway.id

NUSANTARA, NOMORSATUKALTIM – Presiden Joko Widodo memberikan arahan strategis kepada para pejabat tinggi TNI dan Polri dalam pertemuan yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan ini, Presiden menekankan pentingnya transformasi, stabilitas, serta profesionalisme dalam menghadapi tantangan global dan mempercepat visi Indonesia Emas 2045.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa usulan pertemuan di IKN datang dari Panglima TNI dan Kapolri. Mereka menginginkan para Pangdam, Kapolda, Danrem, Dandim, dan Kapolres dari seluruh Indonesia dapat melihat langsung perkembangan IKN.

"Banyak yang belum tahu IKN, hanya lihat di TV, lihat di YouTube, lihat di video, tetapi ingin melihat aslinya seperti apa," kata Presiden menirukan permintaan Panglima TNI dan Kapolri.

Presiden menegaskan bahwa pembangunan IKN Nusantara bukan sekadar pemindahan ibu kota, tetapi juga sebagai simbol perubahan besar dalam pola pikir dan budaya kerja bangsa.

BACA JUGA: Jelang Akhir Masa Jabatan Jokowi Berikan Arahan Khusus untuk TNI-Polri di IKN (disway.id)

"Yang kita inginkan adalah ada perubahan pola pikir kita, mindset kita, ada perubahan pola kerja kita, ada perubahan budaya kerja kita, dari yang tidak efisien menjadi efisien," ujar Presiden.

Jokowi menekankan bahwa negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat, dan Indonesia harus menjadi yang terdepan dalam transformasi ini.

IKN Nusantara diharapkan menjadi model kota masa depan yang berorientasi pada keberlanjutan, dengan penerapan konsep green building, transportasi hijau, dan penggunaan energi terbarukan.

Presiden berharap para pejabat TNI dan Polri dapat membawa semangat ini ke daerah masing-masing untuk mendorong transformasi di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA: Pj Bupati PPU Makmur Marbun Sambut Rombongan Presiden Jokowi Tiba di IKN (disway.id)

Stabilitas dan Transisi Pemerintahan: Peran Kunci TNI dan Polri

Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta Pilkada serentak pada November mendatang, Presiden Jokowi menekankan pentingnya menjaga stabilitas dan netralitas.

"Saya minta TNI dan Polri harus betul-betul menjaga stabilitas yang sudah terjaga sampai saat ini. Hal-hal yang kecil-kecil segera selesaikan jangan menjadi sebuah persoalan yang membesar," tegas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: