Karyanya di IKN Dikritik Netizen, Nyoman Nuarta Kenang Demo Patung GWK

Karyanya di IKN Dikritik Netizen, Nyoman Nuarta Kenang Demo Patung GWK

Istana Negara dengan latar belakang ornamen Garuda karya seniman Bali, Nyoman Nuarta dilihat dari Sumbu Kebangsaan di IKN.-(Foto/Antara)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Desainer Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Nyoman Nuarta, merespons kritikan netizen terhadap karyanya yang dianggap kontroversial. 

Karya yang tengah menjadi sorotan publik ini mengingatkan Nyoman pada masa ketika ia juga mendapatkan kritik tajam selama 28 tahun saat membangun Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali. 

Ia mengaku tidak terkejut dengan kritik yang muncul, mengingat pengalaman serupa yang pernah ia alami di masa lalu.

"Dulu yang di GWK itu, 28 tahun saya dikritik habis oleh orang Bali sendiri, dituduh macam-macam, sampai didemo, diancam, dianggap perusak budaya Bali," ungkap Nyoman dilansir dari Antara, Minggu (11/8/2024).

BACA JUGA: Akui Terdapat Kekurangan pada Agenda Media Site Visit IKN, OIKN Janjikan Perbaikan

BACA JUGA: Ramaikan HUT ke-79 RI di IKN, Tim Jupiter Aerobatic TNI AU Mendarat di Balikpapan

Proyek besar seperti Patung GWK, kata Nyoman, tidak hanya menguras energi dan pikiran, tetapi juga menghadapkan Nyoman pada berbagai tantangan, termasuk pembiayaan. 

Ia mengenang betapa sulitnya memperoleh dukungan, baik dari pemerintah maupun perbankan, yang tidak percaya pada potensi proyek tersebut. 

Namun, Nyoman tetap teguh dan berjalan sendiri dalam menyelesaikan proyek yang kini menjadi salah satu ikon pariwisata internasional di Indonesia.

"Saya jalan sendiri, pemerintah enggak mau bantu saya, enggak ada satu bank pun yang mau bantu saya. Padahal aset saya waktu itu sudah Rp1,3 triliun, dulu aset tanah kita 80 hektare," jelasnya.

BACA JUGA: Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Telah Tiba di Balikpapan Menuju IKN

BACA JUGA: KPU Mahulu Tetapkan 27.909 DPS untuk Pilkada 2024

Meski demikian, Nyoman menegaskan bahwa kritik yang ia terima tidak akan menghentikannya untuk terus berkarya. 

Terkait desain Istana Garuda di IKN, ia memastikan bahwa konsep tersebut adalah murni dari pemikirannya sendiri, tanpa meniru atau memodifikasi karya lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: