Wilayah Tanjung Harapan Belum Teraliri Air Bersih, Direktur Perumda Tirta Kandilo Sebut Ada Tiga Alternatif

Wilayah Tanjung Harapan Belum Teraliri Air Bersih, Direktur Perumda Tirta Kandilo Sebut Ada Tiga Alternatif

Hingga kini cakupan air bersih oleh Perumda Tirta Kandilo belum sepenuhnya dirasakan masyarakat. (Istimewa)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Persoalan pendistribusian air bersih masih jadi Pekerjaan Rumah (PR) Pemkab Paser, khususnya Perumda Tirta Kandilo.

Untuk diketahui, distribusi air bersih saat ini baru mencakup 51 kelurahan/desa atau meliputi 35,4 persen dari 144 jumlah desa/kelurahan yang ada di kabupaten wilayah selatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) itu.

Sementara jika terkait wilayah, diinformasikan dari 10 kecamatan cakupan pendistribusian air bersih masih tersebar di sembilan desa.

Dengan jumlah penduduk yang terlayani 182.521 jiwa atau sebanyak 30.256 sambungan pelanggan.

BACA JUGA : Ketiga Bapaslon Dinyatakan BMS, KPU Kukar Berikan Kesempatan Perbaikan

Adapun yang belum terlayani yakni Kecamatan Tanjung Harapan.

Direktur Perumda Tirta Kandilo, Suryanto Agustono menyebut, letak geografis wilayah Kecamatan Tanjung Harapan yang berada di daerah pesisir menjadi tantangan tersendiri.

Sehingga diperlukan alternatif lain sehingga masyarakat setempat dapat teraliri air bersih, seperti dengan dibuatnya embung.

"Untuk alternatifnya ada tiga, selain dibuat embung juga dapat buat sumur yang dalam atau mengolah air laut," kata Suryanto, Suryanto, Minggu (8/9/2024).

BACA JUGA : Dua Peristiwa Kebakaran Terjadi di Samarinda di Waktu Bersamaan, Damkar KewalahanDua Peristiwa Kebakaran Terjadi di Samarinda di Waktu Bersamaan, Damkar Kewalahan

Perumda Tirta Kandilo telah menargetkan bakal membuka layanan air bersih di Kecamatan Tanjung Harapan.

Dirinya menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya bakal melakukan survei langsung ke Kecamatan Tanjung Harapan guna melihat potensi air baku yang bisa dikelola nantinya.

“Kami bakal lakukan survei langsung ke Tanjung Harapan,” terang Suryanto.

Sebelumnya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser, Adi Maulana menyebut, untuk Kecamatan Tanjung Harapan dalam Rencana Bisnis (Renbis) Perumda Tirta Kandilo ditarget pada 2027 telah ada unit pelayanan air bersih, itu dikatakannya usai pertemuan dengan PT Adhikari di Jakarta, belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: