Paus Fransiskus Kagum dengan Kemegahan Masjid Istiqlal yang Dirancang oleh Arsitek Beragama Kristen

Paus Fransiskus Kagum dengan Kemegahan Masjid Istiqlal yang Dirancang oleh Arsitek Beragama Kristen

Paus Fransiskus Kagum dengan Kemegahan Masjid Istiqlal yang Dirancang oleh Arsitek Beragama Kristen-istimewa-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Pemimpin Gereja Katolik sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, mengungkapkan rasa kagumnya terhadap arsitektur Masjid Istiqlal.

Ia mengapresiasi keunikan dan nilai sejarah yang terkandung dalam masjid tersebut.

Masjid Istiqlal bukan hanya menjadi simbol keagungan Islam di Indonesia, tetapi juga wujud nyata dari kerukunan antar umat beragama.

Dalam kesempatan itu, Paus Fransiskus secara khusus menyoroti bahwa Masjid Istiqlal dirancang oleh seorang arsitek Kristen, Friedrich Silaban, yang memenangkan kompetisi desain untuk membangun masjid tersebut.

"Saya dengan senang hati mengenang bahwa masjid megah ini dirancang oleh Friedrich Silaban, seorang Kristen yang memenangkan sayembara desain. Ini adalah bukti konkret bahwa Indonesia memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan nilai-nilai kebersamaan dan toleransi," ungkap Paus Fransiskus saat berkunjung ke Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat pada Kamis, 5 September 2024.

BACA JUGA : Jelang Pilkada 2024, PWNU Kaltim Akan Gelar Dialog Kebudayaan dengan Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur

Paus juga menambahkan bahwa keberadaan Masjid Istiqlal yang berdiri bersebelahan dengan Gereja Katedral Jakarta menjadi simbol kuat dari semangat persatuan dan toleransi antarumat beragama.

Menurut Paus, hubungan harmonis antara kedua rumah ibadah ini mencerminkan bagaimana masyarakat Indonesia.

Meski memiliki berbagai latar belakang agama, mampu hidup berdampingan dengan damai.

“Fakta bahwa seorang arsitek Kristen yang merancang masjid ini merupakan tanda bahwa masjid tersebut dan tempat ibadah lainnya bisa menjadi ruang dialog. Mereka adalah tempat untuk saling menghormati, mengedepankan kebersamaan, dan membangun kehidupan damai antara berbagai kelompok agama dan pandangan spiritual,” lanjutnya.

 

 

BACA JUGA : Pemkab Mahulu Gelar Bimtek Peningkatan SDM Pengelolaan Perpustakaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: