Temuan Alat Bertambah Jadi 15 Unit, Penindakan Aktivitas Diduga Tambang Ilegal Terus Dilakukan

Temuan Alat Bertambah Jadi 15 Unit, Penindakan Aktivitas Diduga Tambang Ilegal Terus Dilakukan

alat berat yang berhasil diamankan-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Tim Gabungan Kodim 0902/BRU, Skadron 13/ABY, dan Polres Berau serta Security PT Berau Coal kembali memberikan informasi tambahan jumlah alat yang ditemukan dan diamankan dari penindakan yang dilakukan mulai dari tanggal 5 sampai 7 Agustus 2024, hingga saat ini telah diamankan 15 unit alat berat. 

Ini menunjukkan upaya serius tim gabungan dalam upaya penertiban aktivitas yang diduga penambangan tanpa izin di Kabupaten Berau khususnya di area Km 24 sampai dengan Km 35 yang menjadi pusat aktivitas tersebut.

BACA JUGA : Bentuk Tanggung Jawab Sosial PT Berau Coal Salurkan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Teluk Bayur

Beberapa kali di media sosial muncul keluhan dan keresahan masyarakat atas aktivitas yang diduga tambang ilegal tersebut karena telah menimbulkan kemacetan panjang di sepanjang jalan poros Labanan-Kelay.

Security Manager PT Berau Coal, I. Punto Prabowo mengungkapkan bahwa pihak pengamanan perusahaan turut terlibat dalam upaya tim gabungan untuk mengamankan wilayah Obyek Vital Nasional yang saat ini telah terancam oleh aktivitas diduga tambang tanpa izin yang tentu menimbulkan kerugian bagi negara. 

BACA JUGA : Dedikasi dan Disiplin jadi Kunci, PT Berau Coal Dukung Penuh Mahasiswa Berprestasi

"Kami terus berupaya untuk melakukan pengamanan bersama tim gabungan agar aktivitas penambangan tanpa izin ini bisa berhenti. Kami mohon dukungan juga dari seluruh pihak agar penertiban ini bisa dilakukan lancar untuk menghindari kerugian negara yang lebih besar," jelasnya.

Punto juga menjelaskan adanya tambahan alat yang ditemukan dan diamankan atas upaya tim gabungan dalam proses pengamanan aktivitas diduga tambang ilegal tersebut.

"Jumlah alat yang diamankan hingga hari ini telah berjumlah 15 unit alat berat. Ini upaya tim gabungan dan akan terus melakukan penertiban secara intensif," tandasnya.

BACA JUGA : Pentingnya Ekosistem Mangrove, PT Berau Coal Bersama Mitra Lakukan Aksi Nyata Rawat Kawasan Pesisir

Saat dikonfirmasi, Kanit Tipiter Polres Berau Ipda Yoga Fattur Rahman, mengungkapkan, Polres Berau bersama Kodim 0902/BRU, Skadron 13/ABY, dan Security PT Berau Coal membenarkan hal itu.

Dikatakannya, yang awalnya mengamankan 9 alat berat, kini bertambah menjadi 15 temuan yang diduga melakukan pertambangan tanpa izin.

"Memang benar pihak BC telah mengamankan 6 alat berat lagi, yang awalnya 9 kini menjadi 15 yang diamankan," ungkapnya, Selasa (13/8/2024).

BACA JUGA : Ciduk Penambang Ilegal, Pengamanan PT Berau Coal Amankan 6 Pelaku dan 3 Alat Berat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: