Pentingnya Ekosistem Mangrove, PT Berau Coal Bersama Mitra Lakukan Aksi Nyata Rawat Kawasan Pesisir

Pentingnya Ekosistem Mangrove, PT Berau Coal Bersama Mitra Lakukan Aksi Nyata Rawat Kawasan Pesisir

PT Berau Coal Bersama Mitra Lakukan Aksi Nyata Rawat Kawasan Pesisir-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKLATIM.COM - Peringatan Hari Mangrove Sedunia “International Day Of Mangrove Ecosystem” baru saja dirayakan pada tanggal 26 Juli 2024.

Hari tersebut menandakan pentingnya mangrove dalam pelestarian alam, terutama di wilayah pesisir.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Unit Kampung Semanting, Kecamatan Pulau Derawan, melalui programnya, turut serta dalam penanaman mangrove dan pemberian 220 bibit tanaman agroforestri, termasuk Durian, Matoa, Kemiri, Duku, Jengkol, dan Minyak kayu putih di Kampung Semanting.

Mereka bekerja sama dengan Tim Pengelola Mangrove (TPM), PT Berau Coal, KPHP Berau Barat, KAGAMA Berau, dan masyarakat setempat di Kampung Teluk Semanting.

BACA JUGA : Upaya Sejahterakan Masyarakat, PT Berau Coal Lakukan Pembinaan kepada Masyarakat

Kegiatan penanaman yang berlangsung selama dua hari ini diinisiasi oleh Abdul Gani, Kepala Kampung Teluk Semanting sekaligus pengelola Ecotourism Mangrove.

Dalam sambutannya, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pengembangan mangrove.

BACA JUGA : Ciduk Penambang Ilegal, Pengamanan PT Berau Coal Amankan 6 Pelaku dan 3 Alat Berat

“Alhamdulillah, mangrove ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Berau, berbagai lembaga, hingga pelaku usaha, termasuk PT Berau Coal yang hadir hari ini,” katanya.

Koordinator mahasiswa unit KKN PPM UGM Derawan Menawan di Teluk Semanting, Devina, berharap kegiatan ini memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

“Harapannya, kegiatan ini memberikan efek jangka panjang dan melestarikan ekosistem mangrove untuk mendukung kehidupan masyarakat di Kampung Teluk Semanting,” katanya.

BACA JUGA : Beri Akses Kesehatan bagi Mustahik, Kolaborasi Baznas, Pemkab dan PT Berau Coal

Devina juga berharap PT Berau Coal terus mendukung kegiatan pelestarian ekosistem pesisir.

“Kami berterima kasih kepada PT Berau Coal atas dukungannya dalam pelaksanaan KKN kami. Harapannya PT Berau Coal akan terus mendukung dan bekerja sama, baik dengan Teluk Semanting, mahasiswa KKN, maupun masyarakat setempat,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: