Beri Akses Kesehatan bagi Mustahik, Kolaborasi Baznas, Pemkab dan PT Berau Coal

Beri Akses Kesehatan bagi Mustahik, Kolaborasi Baznas, Pemkab dan PT Berau Coal

pemotongan pita tanda opening Rumah Sehat Baznas-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, berkolaborasi dengan Baznas Kaltim maupun Berau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, PT Berau Coal, Sinar Mas, dan Bankaltimtara, menggelar soft launching Rumah Sehat Baznas (RSB) di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi mustahik, juga masyarakat yang kurang mampu.

RSB Berau ini merupakan yang pertama di Kalimantan, dan terbesar di Indonesia dari segi bangunan.

Soft launching terlaksana Sabtu (27/7/2024). Dihadiri Deputi 2 Bidang Pendistribusian dan Pandayagunaan Baznas, Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si., Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih Mas, M.Pd, Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Timur, PT Berau Coal, perwakilan mitra, beserta jajaran. 

Deputi 2 Bidang Pendistribusian dan Pandayagunaan Baznas, Imdadun Rahmat menyampaikan, Baznas ingin memberikan jaminan pelayanan kesehatan gratis, perluasan keanggotaan BPJS masyarakat, fasilitas rawat inap, serta mendukung program kesehatan nasional secara preventif, promotif, rehabilitatif. 

"RSB Berau kerja sama Baznas RI, Baznas Kalimantan Timur, Baznas Kabupaten Berau, Pemerintah Kabupaten Berau, dan PT Berau Coal untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga yang kurang mampu," katanya.

BACA JUGA : Serius Lakukan Pendampingan, PT Berau Coal Beri Pelatihan Pengolahan Kakao Sesuai GAP

Dirinya menegaskan, Baznas memastikan RSB Berau, akan dikelola secara profesional dengan melibatkan tenaga-tenaga medis yang kompeten dan berkualitas.

“Mulai hari ini, manajemen RSB Berau ini, siap pelayanan kesehatan rawat jalan. Sesungguhnya RSB ini sudah melakukan kegiatan rutin seperti khitan massal dan seminar kesehatan, selain itu mereka juga melakukan pelayanan kesehatan bagi mustahik yang memerlukan pemeriksaan kesehatan,” paparnya.

Imdadun mengungkapkan, saat ini terdapat 22 RSB di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak 18 RSB sudah berjalan dan beroperasi, dan empat RSB yang masih proses peluncuran.

“Dari 22 RSB di seluruh Indonesia, RSB Berau ini merupakan RSB terbesar dan diharapkan nantinya dapat secara optimal melayani para mustahik yang membutuhkan layanan kesehatan,” ujarnya.

Dalam setahun terakhir, jumlah penerima manfaat RSB pada tahun 2023 sebanyak 248.331 jiwa. Kemudian sejak Januari 2024 hingga Juni 2024 penerima manfaatnya mencapai 141.894 jiwa di Indonesia. 

“Jumlah ini, masih akan terus bertambah karena masifnya para tenaga medis RSB dalam memberikan pelayanan kesehatan, tak hanya kepada mereka yang sakit, namun juga yang membutuhkan asupan vitamin, gizi, dan penyuluhan kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Baznas RI yang telah menjadikan wilayah Berau sebagai salah satu titik berdirinya Rumah Sehat Baznas.

BACA JUGA : Jaga Asa Bangunkan Lahan Tidur, PT Berau Coal Aktif Berikan Pendampingan Petani Cokelat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: