Pamsimas Sudah Berjalan, PDAM Kutim Tingkatkan Jaringan dan Pelayanan

Pamsimas Sudah Berjalan, PDAM Kutim Tingkatkan Jaringan dan Pelayanan

Agusriansyah Ridwan. --


KUTIM, NOMORSATUKALTIM
– Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) serta pengembangan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sedang berjalan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di seluruh wilayah.

Hal ini disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur Agusriansyah Ridwan.

"Infrastruktur air sudah mulai pelan-pelan digerakkan di semua wilayah, terutama dalam sisi volume per detiknya," ujar Agusriansyah saat ditemui awak media, Jumat (2/8/2024).

Ia menambahkan, program ini mencakup berbagai aspek. Termasuk kolam penampungan dan jaringan air, baik melalui Pamsimas maupun program daerah lainnya.

Namun Agusriansyah mengakui bahwa tantangan terbesar adalah menemukan sumber air yang memadai. "Mencari sumber air itu tidak terlalu mudah sehingga ada beberapa wilayah yang butuh pemikiran bagaimana sumber air itu bisa ditemukan. Meski demikian, beberapa wilayah sudah berhasil mendapatkan akses air bersih melalui Pamsimas," ungkapnya.

Selain itu, PDAM juga melakukan peningkatan pada sisi jaringan dan pelayanan. "Alhamdulillah, di beberapa wilayah sudah ada Pamsimas, sudah ada realisasi program dari pemerintah, dan PDAM juga berkembang dalam sisi jaringan, pelayanan, dan produksi airnya. Baru-baru ini, beberapa titik air PDAM bahkan sudah dapat langsung diminum, menandakan peningkatan kualitas layanan air bersih di daerah tersebut," bebernya.

Agusriansyah menambahkan bahwa inisiatif ini baru berjalan sekitar tiga tahun, namun sudah menunjukkan kemajuan yang signifikan. "Pemda baru berjalan kurang lebih tiga tahun dalam menata semuanya," katanya.

Ia berharap masyarakat dapat memberikan penilaian objektif terhadap upaya pemerintah dalam menyediakan air bersih.

"Pengembangan infrastruktur air ini diharapkan dapat terus berlangsung dengan baik, sehingga seluruh masyarakat Kutai Timur dapat menikmati akses air bersih yang layak. Kolaborasi antara pemerintah daerah, PDAM, dan masyarakat menjadi kunci utama dalam mewujudkan tujuan ini," harapnya. (*/adv/one)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: