Pemprov Kaltim Klaim Sudah Gelontorkan Ratusan Miliar untuk Infrastruktur Mahulu

Pemprov Kaltim Klaim Sudah Gelontorkan Ratusan Miliar untuk Infrastruktur Mahulu

Sebuah pick up terpaksa ditarik dengan mobil dobel gardan karena terjebak lumpur salah satu ruas jalan di Mahakam Ulu.-(Foto/IG Yohanes Avun)-

“Iya ada perbaikan, tapi anggaran kita terbatas. Mungkin kita akan lihat dulu mana yang prioritas,” imbuhnya.

BACA JUGA: Bahaya Laten Polio! Sangat Menular, Tapi Jarang Menunjukkan Gejala

Akademisi Sebut Tak Masuk Akal

Pernyataan Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik tersebut kemudian mendapat tanggapan kritis dari pengamat ekonomi yang juga akademisi dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Purwadi Purwoharjoso.

Menurut Purwadi, pernyataan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik soal keterbatasan anggaran sangat tidak masuk di akal. 

Selama ini banyak pejabat pemerintahan melakukan perjalanan dinas ke luar daerah, bahkan hingga keluar negeri dengan anggaran yang besar.

BACA JUGA: Uji Coba Taksi Terbang IKN Berjalan Mulus, Mengudara 10 Menit di Bandara APT Pranoto

“Terbatas dari mana? Kita (pemprov) banyak uang kok, itu pejabat-pejabat sering melakukan perjalanan dinas, anggarannya juga lancar terus,” ujar Purwadi mengkritisi pernyataan Pj Gubernur Kaltim.

Selain itu, Purwadi juga mengkritisi pernyataan pemerintah provinsi dan pusat yang selama ini selalu mempersoalkan status jalan.

Menurut Dosen Unmul itu, masyarakat tentu tidak mau tahu soal status jalan, yang paling penting bagi masyarakat, jalan harus mulus dan layak digunakan.

BACA JUGA: Tarif Kapal Penyeberangan di Sungai Rata Mahulu Dikeluhkan Warga Karena Terlalu Mahal

Kemudian, masyarakat tentunya berhak untuk mendapatkan akses transportasi yang memadai, sebab semua pembiayaan pembangunan berasal dari rakyat melalui pungutan pajak.

“Mahulu ini loh sudah 10 tahun, masa berkutat di status jalan aja terus, ngapain aja selama ini? Saling lempar aja terus. Rakyat mana tahu yang begitu-begitu (status jalan). Orang sudah bayar pajak, jalan harus bagus, itu tugas pejabat publik menyelesaikan masalah begitu,” tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: