Pencarian Zaki, Bocah Korban Laka Laut di Teluk Balikpapan Masuki Hari Kedua

Pencarian Zaki, Bocah Korban Laka Laut di Teluk Balikpapan Masuki Hari Kedua

Pencarian Zaki oleh tim SAR gabungan memasuki hari kedua. -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Operasi pencarian Zaki, bocah yang hilang saat kecelakaan speedboat dengan kapal tongkang di perairan Teluk Balikpapan, PPU, memasuki hari kedua. Tim SAR gabungan berupaya mencari dengan berbagai strategi. 

Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Balikpapan, Endrow Sasmita, mengatakan bahwa operasi pencarian dilakukan oleh tim SAR gabungan dibagi menjadi dua Search and Rescue Unit (SRU), dengan total luas area pencarian sekitar 0,53 Nautical Miles.

“SRU pertama bergerak dari Point A ke Point B di arah utara menggunakan kapal KN 408. Sedangkan SRU kedua bergerak dari Point B ke Point A, juga ke arah utara, menggunakan speed boat milik BPBD Balikpapan dan BPBD PPU,” ujar Endrow, Senin (22/7/2024).

BACA JUGA:Hingga Juli 2024, Kekerasan Anak dan Perempuan di Balikpapan Tembus 116 Kasus

Selanjutnya kedua tim akan menyisir area sepanjang 981 meter dengan metode creeping line. Yaitu pola pencarian dengan jalur yang sejajar dan mencakup area pengamatan yang luas.

Berbagai elemen terlibat dalam operasi ini. Termasuk Tim Rescue Kantor SAR Balikpapan, POS AL PPU, Polair Polres PPU, Sat Brimob Balikpapan, Polairud, KPLP Balikpapan, Inafis Polda Kaltim, BPBD Balikpapan, BPBD PPU, Banda Indonesia, Info Bencana, serta masyarakat dan nelayan setempat.

BACA JUGA:Speedboat Hantam Tongkang di Perairan Sepaku, Seorang Bocah Laki-Laki Hilang

"Peralatan yang digunakan antara lain KN 408, speed boat dari TNI AL, BPBD Balikpapan, dan BPBD PPU, Rescue Car Carrier, peralatan water, alat selam, peralatan komunikasi, dan medis," tambah Endrow.

"Kami berharap Zaki dapat segera ditemukan," pungkas Endrow.

Diberitakan sebelumnya bahwa pada Minggu (21/7/2024) terjadi kecelakaan speedboat yang menabrak bagian belakang kapal tongkang, mengakibatkan Zaki terseret arus laut. 

Dari tujuh korban, lima orang berhasil selamat, satu meninggal dunia dan hingga kini Zaki masih belum ditemukan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: