PDI-Perjuangan jadi Penentu Pilgub, Safaruddin: Saya Mendukung Isran-Hadi

PDI-Perjuangan jadi Penentu Pilgub, Safaruddin: Saya Mendukung Isran-Hadi

Dari Kiri ke kanan, Samsun, safaruddin dan Ananda Moeis - (Instagram DPD PDI Perjuangan)--

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-Perjuangan, Kalimantan Timur (Kaltim), menyatakan dukungannya ke Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Isran Noor-Hadi Mulyadi.

Hanya tinggal menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai pemenang Pemilu tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD PDI-Perjuangan Kaltim, Irjen Pol (Purn) Safaruddin saat dihubungi tim Nomorsatukaltim, pada Selasa 16 Juli 2024.

Ia menyatakan dengan tegas dukungannya selaku Ketua DPD Partai berlogo banteng itu ke salah satu Bapaslon yaitu Isran-Hadi.

“Selaku Ketua DPD PDI-Perjuangan, saya mendukung Pak Isran-Hadi untuk maju dalam Pilkada tahun ini,” tegas Safarruddin.

Mantan Kapolda Kaltim periode 2015-2018 ini menyatakan, sementara dukungan ke Isran-Hadi masih diproses untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI-Perjuangan.

BACA JUGA : Komitmen Pemprov Kaltim Gunakan Barang Ramah Lingkungan

DPD PDI Perjuangan sendiri berkapasitas hanya memberikan rokemendasi ke pusat.

“Keputusan finalnya ada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri,” ucap Anggota DPR RI tersebut.

Dalam dinamika poltik yang terjadi, Bapaslon lain yaitu Rudy-Seno berhasil mendominasi karena sudah mengantongi dukungan dari 6 partai dengan akumulasi kursi di DPRD Provinsi Kaltim sebanyak 41 kursi dari 55 kursi yang tersedia di Karang Paci tersebut.

Sedangkan untuk maju dalam Pilgub tahun ini, setidaknya Bapaslon dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim paling minim harus memiliki 11 kursi di DPRD Provinsi Kaltim, baik dari satu partai ataupun gabungan partai.

BACA JUGA : Kebobolan Impor Tekstil USD 249,87 Juta, Mendag Usul Bentuk Satgas

Sementara itu, PDI Perjungan miliki 9 kursi di Karang Paci. Tentunya dari paparan data di atas, PDI Perjuangan merupakan penentu di Pilkada tahun ini, baik bagi Isran-Hadi maupun Rudy-Seno.

Apabila PDI Perjuangan merapat ke Bapaslon Isran-Hadi, maka pasangan ini memiliki kesempatan untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: