Dispar Kukar Bentuk Komite Ekonomi Kreatif di Setiap Kecamatan

Dispar Kukar Bentuk Komite Ekonomi Kreatif di Setiap Kecamatan

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kutai Kartanegara, Triyatma, bersama tuan rumah podcast Dialog Kota Raja, Viola Meilinda.-Ari Pangalis-Disway Kaltim

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberdayakan masyarakat di setiap kecamatan melalui program Kukar Kreatif Idaman (KKI).

Program dedikasi Kukar Idaman itu, masuk di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Kemudian, program ini juga sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memfasilitasi dan mendorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Kukar.

“Program Kukar Kreatif Idaman difasilitasi oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata (Dispar), dalam rangka mewadahi para pelaku ekonomi kreatif,” kata Triyatma selaku Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kutai Kartanegara, saat sesi podcast Dialog Kota Raja di Rumah Disway Tenggarong.

Baca Juga:

Hetifah Sebut Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kaltim Alami Perubahan Signifikan

Untuk menjaring pelaku ekonomi kreatif, lanjut Triyatma, dengan program Kukar Kreatif Idaman ini juga dibentuk sebuah komite ekonomi kreatif di setiap kecamatan.

“Ekonomi kreatif di setiap kecamatan juga untuk menghimpun para pelaku ekraf. Di antara 20 kecamatan, masih ada sekitar 6 atau 7 kecamatan yang belum terbentuk ekrafnya,” ujar Triyatma.

Luasnya Kukar, bagi Triyatna, membuat Pemkab terus bekerja keras dan bersinergi. Salah satunya berkolaborasi dan membentuk komite di setiap kecamatan.

Baca Juga:

Dinas Pariwisata Kukar Akan Dorong Kenaikan PAD lewat Pengembangan 8 Objek Wisata Ini

“Insyaallah tahun depan mulai kembali untuk pembentukan,” sebutnya.

Sebagai informasi, untuk komite ekonomi kreatif yang belum terbentuk. Di antaranya, Tenggarong, Muara Muntai, Kenohan, Tabang, Kembang Janggut, Muara Wis, Kota Bangun Darat, dan Loa Kulu.

“Dimana komite ekraf mengadakan event-event, sehingga dapat membangkitkan semangat pelaku ekraf di setiap kecamatan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Salsabila

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: