Dongkrak Ekonomi Lokal Melalui Pemberdayaan UMKM dan Ekonomi Kreatif

Dongkrak Ekonomi Lokal Melalui Pemberdayaan UMKM dan Ekonomi Kreatif

Salah satu UMKM di Kabupaten Berau.-(Disway Kaltim)-

 

 

 

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Dalam upaya mendongkrak ekonomi lokal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau berkomitmen mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bumi Batiwakkal.

 

 

 

Untuk itu, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas terus mendorong peningkatan Ekonomi Kreatif (Ekraf) pelaku usaha. Salah satu caranya dengan menggelar pelatihan khusus.

 

 

 

"Sangat penting memajukan lebih dari 15.000 UMKM di Berau untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk para usahawan," ujar Bupati Sri Juniarsih, Minggu (21/7/2024).

 

 

 

Kolaborasi lintas sektor antara Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau sangat penting untuk mendukung pengembangan UMKM.

 

 

 

"Sinergi antar lembaga pemerintah ini sangat penting dalam mempercepat pembinaan dan pengembangan UMKM," katanya.

BACA JUGA : 338 Hektare Lahan Eks Tambang di Kaltim Dipakai untuk Pertanian dan Penghijauan

 

 

 

Tidak hanya mengandalkan dukungan dari sektor pemerintah saja, dukungan dari pihak ketiga atau perusahaan swasta juga sangat membantu pengembangan UMKM. Dengan upaya ini, diyakini UMKM Berau dapat menjadi salah satu pilar ekonomi yang kuat dan berkelanjutan, serta mengurangi ketergantungan terhadap sektor tambang di masa mendatang.

 

 

 

Pemerintah daerah juga dipastikan akan terus memberikan dukungan dan fasilitasi bagi pengembangan UMKM sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Berau secara menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: